UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SMAN 59 JAKARTA

TAMIA AGUSTINA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SMAN 59 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TAMIA AGUSTINA_3315120238_SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran dengan model flipped classroom yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 59 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dengan model flipped classroom yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memberikan empat video pembelajaran yang dibuat oleh guru diantaranya dua video berupa materi dan dua video lainnya berupa praktikum asam basa. Dari total 8 kali pertemuan sebanyak 70% menggunakan strategi pembelajaran dengan model flipped classroom, sedangkan 30% digunakan untuk metode pembelajaran konvensional. Meningkatnya hasil belajar siswa ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan pada rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif (pengetahuan). Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif ini didukung oleh perubahan sikap dan keterampilan siswa selama proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan skor rata-rata siswa pada setiap indikator penilaian pada aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) siswa pada siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si 2) Setia Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:22
Last Modified: 18 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item View Item