HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP-KONSEP EKOLOGI DENGAN ECOLOGICAL FOOTPRINT DIDASARKAN PADA GENDER

TANIA AGNESA, . (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP-KONSEP EKOLOGI DENGAN ECOLOGICAL FOOTPRINT DIDASARKAN PADA GENDER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TANIA AGNESA 3415122179.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ecological footprint merupakan analisis untuk mengestimasi atau mengukur perilaku konsumsi individu yang berdampak pada lingkungan. Ecological Footprint dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pengetahuan tentang konsep-konsep ekologi dan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang konsepkonsep ekologi dengan ecological footprint berdasarkan gender. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2016. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sebanyak 104 siswa. Setelah diuji prasyarat, data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji regresi linier dan korelasi sederhana. Model regresi yang diperoleh Ŷ = 0,047 – 0,574X signifikan dan linier. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah –0,72 yang berarti terdapat hubungan negatif antara pengetahuan siswa tentang konsep-konsep ekologi dengan ecological footprint. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,518 yang berarti 51,8% pengetahuan tentang konsep-konsep ekologi memberikan kontribusi pada ecological footprint. Pengujian hipotesis kedua menggunakan uji-t independent sample, diperoleh besaran signifikansi 0,123 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara ecological footprint siswa yang dipersepsi bergender pria dan siswa yang dipersepsi bergender wanita. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara pengetahuan tentang konsep-konsep ekologi dengan ecological footprint dan gender tidak mempengaruhi besaran ecological footprint siswa. Oleh karena itu, dengan meningkatkan pengetahuan siswa yang dipersepsi bergender pria maupun siswa yang dipersepsi bergender wanita tentang konsep-konsep ekologi dapat menurunkan besaran ecological footprint sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga. Ecological footprint is an estimation analysis or measure individual consumption behaviour resulting in the environment. One of the factors which ecological footprint affects are knowledge of ecology concepts and gender. The objective of this research was to determine the relationship between student’s knowledge of ecology concepts to ecological footprint based on gender. This research was conducted on January-February 2016. The method used was descriptive method with correlational study. The sample was simple random sampling about 104 students. The prerequisite test showed that the data was normal and homogen. The first hypothesis test using linear regression test and simple correlation. Regression model obtained Ŷ = 0.047–0.574X had a significant and linear relationship. The coefficient of correlation obtained was –0.72, which means there was a negative relationship between student’s knowledge of ecology concepts to ecological footprint. The coefficient of determination obtained was 0.518, which means student’s knowledge of ecology concepts contributed 51.8% to the ecological footprint. The second hypothesis test using t-test independent sample, significance value obtained was 0.123, which means that there was no significant ecological footprint difference between man students and woman students. The result of this study concluded that there was negative correlation between student’s knowledge of ecology concepts with ecological footprint and gender was no affect the student’s ecological footprint. The higher of knowledge of ecology concepts will reduce their ecological footprint and it will create a balance environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Diana Vivanti Sigit, M. Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:26
Last Modified: 18 Apr 2022 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

View Item View Item