HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU TAWURAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur)

GRACYA YUNITA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU TAWURAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (528kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
file 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
file 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (0B)
[img] Text
file 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan perilaku tawuran pelajar sekolah menengah tingkat atas. Penelitian ini di lakukan di sekolah menengah kejuruan Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan April sampai dengan Maret 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kemala Bhayangkari dengan sampel sebanyak 100 siswa dan pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Data variabel X (status sosial ekonomi) dan variabel Y (perilaku tawuran pelajar) didapat dari hasil pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner. Untuk variabel X dibagi kedalam tiga kategori yaitu tinggi, menengah dan rendah. Sedangkan untuk variabel Y dibagi kedalam dua kategori yaitu tinggi dengan skor yang semakin kecil dan kategori rendah dengan skor yang semakin tinggi. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus distribusi Z, melalui Transformasi Gamma, maka diperoleh Z0 sebesar 1,819 kemudian dibandingkan dengan Zt sebesar 1,645 dengan demikian Z0 (1,819) > Zt (1,645) maka H0 ditolak dan Hi diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara status sosial ekonomi dengan perilaku tawuran pelajar pada siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur. Dan dapat diartikan ketika status sosial ekonomi semakin rendah maka kecenderungan perilaku tawuran pelajar sekolah menengah tingkat atas semakin tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wuri Handayani,M.Si. ; 2). Yasnita Yasin,S.Pd.,M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:00
Last Modified: 21 Apr 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26925

Actions (login required)

View Item View Item