PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN TULISAN TEGAK BERSAMBUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelas Persiapan Khusus PAUD Santi Rama)

PUTHI ANDINI LESTARI, . (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN TULISAN TEGAK BERSAMBUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelas Persiapan Khusus PAUD Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUTHI ANDINI LESTARI 1335130104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam informasi terkait pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan dengan menggunakan tulisan tegak bersambung bagi peserta didik tunarungu di kelas persiapan khusus PAUD Santi Rama Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis dengan triangulasi data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah mengembangkan sendiri kurikulum serta perencanaan pembelajaran menulis permulaan dengan acuan dari kurikulum TK Reguler yang disesuaikan pada kondisi peserta didik tunarungu. Pada pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas persiapan khusus, guru melakukan beberapa tahapan menulis yaitu menulis di udara, menulis bayangan, menebalkan tulisan di papan tulis besar dan kecil, dan menebalkan tulisan di buku tulis, tulisan yang digunakan semuanya menggunakan tulisan tegak bersambung. Pada akhir pembelajaran, guru dan peserta didik membaca tulisan bersamasama. Evaluasi dalam pembelajaran menulis permulaan dengan menggunakan tulisan tegak bersambung merupakan evaluasi non-test yang berupa pengamatan ketika pembelajaran menulis berlangsung. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menulis menggunakan tulisan tegak bersambung peserta didik dapat membaca tulisan yang telah ditulisnya secara global. This research aims to deepen the information related to the implementation of learning to handwriting using the cursive writing for student‟s with hearing impairment in PAUD Santi Rama Central Jakarta. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The data conducted through observation, interviews and documentation, then conducted the analysis with the triangulation of the data. The results showed that schools develop their own curriculum and learning planning handwriting with the reference of regular kindergarten curriculum by adjusting the conditions of students with hearing impairment. On the implementation of the learning of writing in special preparation classes, teachers do some stages of writing that is writing in the air, writing shadow, thicken the writing on large and small chalkboard, and thicken the writing on notebook, writing that used in all using the cursive writing. At the end of learning, teachers and students read the writing together. Evaluation of learning to handwriting using the cursive writing is non-test evaluations in the form of observations when learning to write takes place. The implications of this study showed that by writing using cursive writing students can read the writing that have been written globally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:37
Last Modified: 18 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26933

Actions (login required)

View Item View Item