PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 234 JAKARTA

ISTIQOMAH FEVY PUSPITASARI, . (2014) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 234 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (16kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penalaran merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa. Siswa yang memiliki penalaran yang baik menandakan bahwa siswa tersebut telah menguasai pemahaman konsep dan selanjutnya dapat menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah hingga pada kemampuan matematis yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing dengan teknik probing-prompting dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX di SMP Negeri 234 Jakarta tahun ajaran 2013/2014 khususnya pada sub pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan two stage random sampling, yaitu pemilihan sampel dengan dua tahap. Dari tiga kelas diperoleh dua kelas eksperimen, yaitu IX-2 sebagai kelas eksperimen I (metode penemuan terbimbing dengan teknik probing-prompting) dan IX-1 sebagai kelas eksperimen II (konvensional). Instru-men penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan penalaran matematis pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung sebanyak 8 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi dan validitas konstruk oleh dosen ahli dan guru serta validitas empirik. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,843 yang artinya instrumen yang digunakan sudah cukup reliabel. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berdistrubusi normal dan homogen, oleh karena itu hipotesis statistik dihitung menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai = 4,811 dan nilai ( , )( ) = 1,999 sehingga > , maka tolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan teknik probingprompting lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran kovensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Swida Purwanto, M.Pd. ; 2). Vera Maya Santi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:25
Last Modified: 10 Jan 2020 14:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item