PUTRI PERTAMASARI, . (2017) GAMBARAN RASA INGIN TAHU (CURIOSITY) PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Survei terhadap Peserta didik Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Kelas VI di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI PUTRI PERTAMASARI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang gambaran Curiosity pada Peserta didik Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang.berdasarkan teori DE. Berlyne. Sampel penelitian adalah 284 peserta didik kelas VI dari 6 SD Negeri dan 5 SD Swasta di Kelurahan Karang tengah Kota Tangerang. Sampel diambil menggunakan teknik Disproportionale Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket tertutup dengan skala 1-0 yang terdiri dari 30 item pernyataan. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial. Hasil uji validitas di konsultasikan dengan r tabel sebesar 0,3246 sedangkan untuk uji reliabilitas didapat 0,850 sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen reliabel artinya data yang dihasilkan dapat dipercaya. Data penelitian dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran rasa ingin tahu (curiosity) peserta didik sekolah dasar di Kelurahan Karang tengah Kota Tangerang memiliki 55 responden (19%) memiliki klasifikasi tinggi, 186 responden (65%), dan 43 responden (16%) memiliki klasifikasi rendah. Sebagian besar atau responden memiliki klasifikasi sedang, artinya tidak memiliki curiosity yang tinggi dan tidak juga memiliki curiosity yang rendah namun rasa ingin tahunya berada pada batas cukup. Hal ini membuktikan eksplorasi peserta didik terhadap sesuatu yang bermanfaat cukup baik. Implikasi hasil penelitian ini, yakni bagi pendidik (guru) di sekolah serta orang tua di rumah dapat terus mengembangkan curiosity peserta didik dan memberi kebebasan anak untuk menampilkan rasa ingin tahunya karena jika tidak rasa ingin tahu dapat menurun seiring waktu. This study aimed to obtain empirical data about the image of Curiosity on Learners Public and Private Elementary School in the village of Karang Tengah, Tangerang city based on DE. Berlyne’s theory. The samples were 284 sixth grade students from six primary schools and five private primary schools in the village of Karang Tengah, Tangerang City. Samples were taken using Disproportionale Stratified Random Sampling technique with the number of samples based on the calculation Slovin’s formula. Collecting data using questionnaires enclosed with a 1-0 scale consisting of 30 items of the statement. Test the validity of the instrument is done by using Correlations Point biserial formula. Validity test results in consult with r table at 0.3246, while for the reliability test obtained 0.850 so it can be said that the instrument is reliable means of data generated can be trusted. Data were analyzed with descriptive statistical methods. The results showed a overview curiosity learners primary school in the village of Karang Tengah, Tangerang City had 55 respondents (19%) have a higher classification, 186 respondents (65%) have a medium classification, and 43 respondents (16%) have a lower classification. Most or respondents have medium classification, which means that does not have a high curiosity and did not also have a low curiosity, but curiosity is at the limit enough. This proves the learner to discover something useful is good enough. The implication of this study, that for educators (teachers) in school and parents at home can continue to develop learners' curiosity and give the child the freedom to show their curiosity because otherwise curiosity can decline over time.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wirda Hanim, M.Psi. 2). Dra. Retty Filiani. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26950 |
Actions (login required)
View Item |