PERAN LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) DALAM MENANGANI MASALAH SOSIAL (Studi Kasus : Masalah KDRT dan Kenakalan Remaja di Lingkungan LK3 Kota Pangkalpinang)

IGA KHALIDA, . (2015) PERAN LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) DALAM MENANGANI MASALAH SOSIAL (Studi Kasus : Masalah KDRT dan Kenakalan Remaja di Lingkungan LK3 Kota Pangkalpinang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh meningkatnnya angka pelaporan mengenai masalah sosial yang terjadi di dalam keluarga di kota Pangkalpinang sebagai ibu kota dari kepualauan Bangka Belitung. Ingin menyampaikan informasi mengenai hadirnya LK3 di kota Pangkalpinang serta memberikan gambaran dan peran dari LK3 dalam menangani masalah sosial keluarga yang ada. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan cara pengamatan langsung (observasi). Adapun teknik pengumpulan datanya yakni primer melalui wawancara dengan 6 orang sebagai subjek informan. Serta teknik pengumpulan data skunder dengan studi dokumen dan gambar visual. Pengamatan dilakukan secara langsung, sedangkan wawancara dilakukan tatap muka dengan informan dan informan kunci. Informan kuncinya adalah anggota serta pekerja sosial yang ada di dalam LK3, sedangkan informannya para klien dan pendamping klien dalam melaporkan masalahnya kepada LK3. Cara mengukurnya yaitu, dengan melihat LK3 dalam menangani para klien melalui program – program kerjanya. Serta melihat sejauh mana peran LK3 ditengah masyarakat mampu menangani masalah sosial yang ada di kota Pangkalpinang pada khususnya. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran LK3 melalui jenis – jenis program yang ada seperti konsultasi, konseling, pemberian informasi dan rujukan adalah konsep sosialiasasi yang dilakukan oleh LK3 sangat membantu para klien dalam menangani setiap masalah sosial keluarga yang ada seperti KDRT dan kenakalan remaja. Menurut Anthony Giddens mengenai kesadaran masyarakat Pangkalpinang lebih mengarah pada kesadaran praktis yang menjelaskan bahwa masyarakat kota Pangkalpinang mengetahui tentang suatu hal tersebut dan menginginkan sesuatu terjadi perubahan dalam dirinya kearah yang lebih baik, misalkan pada saat terjadi permasalahn dalam keluarga mereka lebih terbuka dan mencari tahu munculnya lembaga seperti LK3. Seperti yang terjadi pada klien yang telah menerima penanganan dari LK3 dan ingin ada perubahan dalam diri mereka sehingga mampu berdaya kembali ditengah masyarakat dan ikut membantu mewujudkan kesejahteraan sosial yang terjadi di kota Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si. ; 2). Yuanita Aprilandini, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:22
Last Modified: 21 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item View Item