POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MINAT IBADAH TERHADAP ANAK KEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) (STUDI KASUS SEKOLAH LUAR BIASA C ASIH BUDI II JAKARTA TIMUR)

RIANI ALFIANITA, . (2017) POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MINAT IBADAH TERHADAP ANAK KEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) (STUDI KASUS SEKOLAH LUAR BIASA C ASIH BUDI II JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIANI.pdf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui Pola Asuh orangtua dalam meningkatkan minat ibadah terhadap anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Asih Budi II, Duren Sawit, Jakarta Timur. Peneliti menggunakan macam-macam Pola Asuh yang dapat mengetahui peranan orangtua dalam meningkatkan minat ibadah pada anak tunagrahita, dan indikator minat untuk mengetahui apakah minat anak beribadah karena paksaan orangtua atau keinginan sendiri. Peneliti menganggap Pola Asuh orangtua sangat mempengaruhi minat anak tunagrahita dalam melaksanakan ibadah. Indikator anak tunagrahita berminat untuk beribadah pada penelitian ini menggunakan teori Dinar Barokah. Dari teori tersebut dapat disimpulakan bahwa anak yang memiliki ciri-ciri minat dalam ibadah atau belajar yaitu anak melakukan suatu kegiatan dengan hati senang tanpa ada beban dan paksaan dari siapapun, mempunyai motivasi untuk melakukan segala hal sehingga merasa tertarik pada suatu kegiatan, suka pada suatu hal kegiatan, dan seorang anak minat dengan suatu kegiatan yang disebabkan pengaruh dari orangtua, teman ataupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pola Asuh yang diterapkan orangtua dalam meningkatkan minat ibadah pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori Pola Asuh menurut Baumrind. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan menyebarkan daftar ceklis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Asuh yang dilakukan orangtua untuk meningkatkan minat ibadah anak cukup berhasil, karena pola asuh yang digunakan oleh orangtua adalah Demokratis yang tepat dan baik bagi anak tunagrahita dalam menjelaskan dan menuntun mereka dalam beribadah. Ada juga orang tua yang menggunakan Pola Asuh Permisif, yang mempercayakan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan untuk mendidik anak tunagrahita dalam beribadah. The event will be based on research to find out the role of parenting parents in raising interest in worship of mental retardation at Extraordinary School Asih Budi II, Duren Sawit, East Jakarta. Researchers use a varienty of parenting that can identify the role of the parents in raising interest in worship on mental retardation, and indicators on interest to know whether the children‟s interest in worship because of coercion of parents or the desire it self. Researchers assume parenting parents greatly affect mental retardation children‟s interest in conducting worship. Indicators of child mental retardation to worship at this research uses theories of Dinar Barokah, of the theory can be summed up that children who have the traits of interest in worship or learning that the children doing an activity with a mood without any burden and coercion from anyone, have the motivation to do everything so feel interested in an activity, like on an activity, and a child‟s interest with an activity caused by the influence of parent, friend or teacher. This research aims to describe and analyze the role of parenting adopted parents in raising in worship on mental retardation. This research uses qualitative approach method, with a descriptive analysis. The theory used is according to the theory of parenting Baumrind. Engineering data collection using the method of observation, interview and spread the list checklist. The results showed that the role of parenting that parents do to increase interest in children‟s worship quite successfully, for parenting that is used by a parents is a Democratic right and good for mental retardation in explaining and leads them in worship. There are also parents who use Permissive parenting, which entrusted entirely to the educational institution to educate the children of mental retardation in worship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sari Narulita, M.Si 2) Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd.I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:10
Last Modified: 18 Apr 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item View Item