MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06, CENGKARENG, JAKARTA BARAT

PUTU CAHYANI ADE PUTRI, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06, CENGKARENG, JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUTU CAHYANI ADE PUTRI_1815133323.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui penggunaan multimedia microsot powerpoint siswa Kelas V SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2017 dengan subjek penelitian siswa kelas V-A yang berjumlah 42 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia Microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V-A SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Peningkatan keterampilan menyimak cerita terjadi karena: (1) siswa antusias dalam menyimak cerita yang disajikan oleh guru dalam bentuk multimedia microsoft powerpoint, (2) lebih aktif dalam bertanya dan memberikan pendapat. Peningkatan keterampilan menyimak cerita ditunjukkan dengan meningkatnya presentase siswa kelas V-A yang mencapai KKM (68) pada setiap siklus. Pada prasiklus siswa yang mendapat nilai ≥68 berjumlah 10 siswa atau 24% dari 42 siswa, pada siklus I menjadi 24 siswa atau 57% dan pada siklus II menjadi 100% atau 42 siswa. Peningkatan juga terjadi pada kualitas aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 kualitas aktivitas guru mencapai 75% dan aktivitas siswa mencapai 75%. Pada siklus II kualitas aktivitas guru meningkat menjadi 95% dan aktivitas siswa menjadi 94%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint berhasil meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V-A SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. This classroom action research aims to improve listening skills through the use of multimedia microsot powerpoint students of Class V SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. This research was conducted in April-May 2017 with subject of research of V-A student of 42 students. The research method used is Classroom Action Research with cycle model from Kemmis and Taggart which consists of planning, action, observation and reflection. This research was conducted in two cycles. The results showed that using Microsoft Powerpoint multi-media can improve the skills of listening students V-A grade SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. Improved listening skills occur because: (1) students are enthusiastic in listening stories presented by teachers with multimedia microsoft powerpoint, (2) more active in asking and giving opinions. The improvement of listening skills is indicated by the increase of the percentage of V-A students reaching KKM (68) in each cycle. In pra-siklus students who scored ≥68 amounted to 10 students or 24% of 42 students, in the first cycle to 24 students or 57% and in cycle II to 100% or 42 students. Improvement also occurs on the quality of teacher and student activity. In cycle 1 the quality of teacher activity reaches 75% and student activity reaches 75%. In cycle II the quality of teacher activity increased to 95% and student activity to 94%. The results of this study indicate that the use of multimedia microsoft powerpoint managed to improve the skills to listen to the story of students of class V-A SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 22:26
Last Modified: 18 Apr 2022 22:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26964

Actions (login required)

View Item View Item