THE CORRELATION BETWEEN DISCIPLINE OF LEARNING AND LEARNING MOTIVATION TO LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS AT PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 BEKASI

CHOIRUN NISA, . (2015) THE CORRELATION BETWEEN DISCIPLINE OF LEARNING AND LEARNING MOTIVATION TO LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS AT PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI CHOIRUN NISA 8135118139.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar, motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Islam Panglima Besar Soedirman 1 Bekasi, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Islam Panglima Besar Soedirman 1 Bekasi yang berjumlah 83 orang siswa dengan sampel 68 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis yang terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, uji t dan uji F. Berdasarkan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diketahui signifikansi prestasi belajar sebesar 0,780, disiplin belajar 0,666, dan motivasi belajar 0,424, artinya data lebih dari 0,05 maka data disimpulkan berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji linearitas menunjukkan signifikansi sebesar 0,00 artinya data kurang dari 0,05, maka disimpulkan disiplin belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mempunyai hubungan yang linear. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada hubungan secara parsial antara disiplin belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,795 lebih besar dari ttabel sebesar sebesar 1,997. Motivasi belajar juga secara parsial menunjukkan hubungan terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,223 lebih besar dari ttabel sebesar 1,997. Secara simultan ada hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai F hitung sebesar 29,084 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,14. Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,687 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 47,2%, dan dari uji regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu sebesar Ŷ = 5.767 + 0,16Xı + 0,13X2 This research purpose is to find out the relationship between discipline of learning and learning motivation to learning achievement of students in SMA Islam Panglima Besar Soedirman 1 Bekasi. This type of research is survey, with quantitative approach, data recording, interview and questionnaire are research technique. Total population in this study were 83 students with a sample of 68 students of XI social class in SMA Islam Panglima Besar Soedirman 1 Bekasi. The data analysis technique used was multiple linear regression, classic assumption test, and the hypothesis test consist of t- test and F -test. Based on Kolmogorov- Smirnov linearity that there was significance of learning achievment showed 0,780, learning of discipline 0,666, and learning motivation 0,424, the meaning that data is greater than 0,0, than concluded the data were normally distributed. While the linearity test results showed a significance of 0,00, mean that the data is less than 0,05, it can be concluded disicpline of learning and learning motivation to learning achievement has a linear. Based on the analysis of the data found that there was a partial effect between discipline of learning toward learning achievement. Can be seen from the results of data analysis showed tcount4,795 t count greater than 1,997 ttabel. Mean while, the partial use of learning motivation are affected by learning achievement, it is seen from the results of data analysis showed tcount 4,223 t count greater than 1,997 ttabel. Simultaneously there is relationship between discipline of learning and learning motivation to learning achievement. Can be seen from the results of data analysis showed Fcount value of 29,084 is greater than the value of 3,14 Ftable. There was a significant positive relationship between discipline of learning and learning motivation to learning achievement of students on the subjects of financial accounting with R for 0,687 and determination coefisien for (R)2 was 47,2%, and of the multiple linear regression showed Ŷ = 5.767 + 0,16Xı + 0,13X2

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:55
Last Modified: 21 Apr 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item