ANIS RUMSARI, . (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERUPA MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
SAMPUL DEPAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika untuk siswa SMP kelas VII. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam modul yang dikembangkan adalah transformasi de ngan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik terdiri atas lima aktivitas yaitu, mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan. Kelima aktivitas tersebut terdapat pada bagian-bagian di dalam modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan indikator pada kuesioner adalah sebesar 84,88% dan berdasarkan kriteria interpretasi skor, diperoleh kriteria sangat baik. Modul yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, isi modul sesuai dengan asas pendekatan saintifik, dan bahasa yang digunakan dalam modul sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata keseluruhan indikator yang pada kuesioner adalah sebesar 88,70% dan berdasarkan kriteria interpretasi skor, diperoleh kriteria sangat baik. Penyajian umum da n desain isi modul proporsional dan konsisten. Berdasarkan uji coba kelompok besar, persentase rata-rata keseluruhan kuesioner adalah sebesar 81,06% dan berdasarkan kriteria interpretasi skor, diperoleh kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi transformasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Vera Maya Santi, M.Si. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:58 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26977 |
Actions (login required)
View Item |