Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) Pada SMA Kelas X Semester Genap

KAMIL ARIF PATARAI, . (2014) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) Pada SMA Kelas X Semester Genap. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Abstak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 1, 2, dan 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kualitas pembelajaran fisika dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran yang baik serta didukung dengan penggunaan bahan ajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) pada SMA Kelas X Semester Genap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan perorangan 5) uji coba lapangan skala kecil, dan 6) uji coba lapangan skala besar. Pada tahap studi pendahuluan diperoleh hasil antara lain bahwa 92,92 % siswa mengaku membutuhkan adanya tugas proyek yang berkaitan antara materi fisika dengan kehidupan sehari – hari. Perbedaan karakter siswa dalam memahami setiap materi menambah indikator diperlukannya bahan ajar yang inovatif dan variatif. Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan pengembangan produk awal. Tahap selanjutnya adalah validasi ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media. Pada tahap ini diperoleh masukan dan saran guna revisi produk awal sehingga layak digunakan untuk uji skala kecil yang dilanjutkan dengan uji lapangan skala besar. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media fisika, diperoleh skor rata - rata keseluruhan indikator 81,09 % (sangat baik). Kemudian oleh ahli materi fisika diperoleh skor rata - rata keseluruhan indikator 94,22 % (sangat baik). Setelah direvisi, LKS dinilai oleh guru-guru fisika kemudian uji empirik oleh siswa, LKS dinilai sangat baik oleh guru dengan skor 85,84 % dan hasil uji empirik siswa juga dinilai sangat baik dengan skor 76,11 %. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan PjBL yang dikembangkan sudah layak dan dapat untuk digunakan dan disebarluaskan sebagai bahan ajar fisika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Drs. Razali Rasyid, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:45
Last Modified: 10 Jan 2020 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item