UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT DENGAN STRATEGI BAGIAN PER BAGIAN PADA SISWI KELAS VII DI SMP INSAN KAMIL BOGOR.

ASTRI APRIANI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT DENGAN STRATEGI BAGIAN PER BAGIAN PADA SISWI KELAS VII DI SMP INSAN KAMIL BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Astri Apriani (6135102839) 2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tendangan depan pencak silat dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dengan materi beladiri yaitu beladiri pencak silat dengan strategi bagian per bagian pada siswi kelas VII di SMP Insan Kamil Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Insan Kamil Bogor pada bulan Desember 2014. Metode yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Room) dengan menggunakan tehnik observasi dan pengamatan dengan menggunakan siklus penelitian yang dibuat berdasarkan dua langkah utama siklus, populasi berjumlah 36 siswi. Pengambilan data tes yaitu upaya meningkatkan tendangan depan menggunakan strategi bagian per bagian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat perubahan atau peningkatan dari data awal, siklus I, dan siklus II. Peningkatan tersebut terlihat progresif dari setiap siklusnya. Untuk ketuntasan belajar siswi dari hasil data awal siswi yang dinyatakan tuntas sejumlah 7 siswi (19,4%), siklus I (55,5%) siswi yang dinyatakan tuntas sejumlah 20 siswi, dan siklus II siswi yang dinyatakan tuntas sejumlah 36 siswi (100%). Dengan demikian melalui strategi bagian per bagian dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar tendangan depan pencak silat siswi-siswi kelas VII SMP Insan Kamil Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Johansyah Lubis, M.Pd. ; 2). Eka Fitri Novita Sari, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olahraga Beladiri
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:01
Last Modified: 22 Apr 2022 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26991

Actions (login required)

View Item View Item