PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 216 JAKARTA

ANIS SETYANINGSIH, . (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 216 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
10. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dilakukan di kelas VIII-2 SMP Negeri 216 Jakarta, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) dapat dijadikan sabagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran SSCS terdiri atas empat fase yaitu fase search, solve, create, dan share di mana empat fase tersebut dapat meningkatkan kemampuan masalah matematika siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran SSCS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 216 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Setiap siklus pada pembelajaran matematika menerapkan model pembelajaran SSCS. Siswa juga diberikan tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini berlangsung pada bulan Mei 2015 di kelas VIII-2 SMP Negeri 216 Jakarta tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada setiap siklus. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 216 Jakarta pada siklus I adalah 69,89, pada siklus II meningkat menjadi 76,07, dan pada siklus III meningkat menjadi 81,78. Selanjutnya, jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang mencapai KKM yaitu sama dengan atau lebih dari 75 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I yaitu sebesar 41,67%, pada siklus II meningkat menjadi 63,89%, dan pada siklus III meningkat menjadi 83,33% siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprakarti, M.Pd. ; 2). Ratna Widyati, S.Si., M.Kom.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:48
Last Modified: 21 Apr 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item