PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (Action Research pada Siswi SMK Negeri 2 Kabupaten Kuningan)

ICHSAN NUR FALACH, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (Action Research pada Siswi SMK Negeri 2 Kabupaten Kuningan). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK B. INDo dan inggris.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
COVER FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN YUDISIUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pada pendidik tentang penerapan model pembelajaran teams games tournament yang disesuaikan dengan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan pelaksanaan dua siklus, setiap siklusdimulai dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Kuningan yang berjumlah sebanyak 38 orang. Data yang di kumpilkan berasal dari hasil tes belajar dan observasi. Hasil dari data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh. Terbukti dari tes awal didapatkan hanya 9 atau (23,7%) orang siswa yang tuntas, dengan rata-rata nilai 62,3. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan, yakni 20atau (52,63%) orang siswa tuntas, dengan rata-rata nilai 74,01. Kemudian dilanjutkan pada siklus II yang menunjukan hasil 34 atau (89,47%) siswa tuntas belajar lompat jauh. Selain hasil belajar, dengan penerapan model pembelajaran teams games tournament, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh gaya jongkok. Dan sebagai tidak lanjutnya, diharapkan model pembelajaran ini dapat di terapkan oleh guru pendidikan jasmani de setiap sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.dr.James Tangkudung, SportMed, M.Pd ; 2). Dr.Samsudin, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:53
Last Modified: 10 Jan 2020 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item