PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERPASANGAN PADA SISWA KELAS X SMK AS SA’ADAH JAKARTA TIMUR

DEWI NUR UTAMI, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERPASANGAN PADA SISWA KELAS X SMK AS SA’ADAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan keberhasilan passing bawah bola voli dengan Strategi mengajar Berpasangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK As Sa’adah Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang- bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan menggunakan data awal yang diambil dari nilai UTS (ujian tengah semester). Peneliian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa masih belum begitu paham akan konsep Passing bawah bolavoli. 2) siswa belum dapat melakukan tahap persiapan sikap kaki dengan sempurna yaitu dikarenakan lutut ditekuk rendah dan satu kaki berada didepan ,berat badan tidak terbagi seimbang, posisi tangan tidak lurus. 3) siswa belum dapat melakukan gerak perkenaan dengan bola dikarenakan bola dilempar terlalu tinggi dan terlalu kebelakang, 4). Siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan berpasangan dengan siswa lainnya setelah memukul bola tidak dikuti posisi akhir yang sempurna untuk melangkah melakukan gerakan lanjutan. 5). Siswa sudah menunjukan sikap yang positif khususnya memotivasi sesama siswa dan keberanian yang meningkat. ii Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep passing bawah bola voli. 2) siswa dapat melakukan tahapan passing bawah bola voli. 3) memotivasi sesama siswa dan keberanian siswa meningkat saat mengikuti pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan dalam kemampuan passing bawah bolavoli melalui penggunaan strategi berpasangan, tes awal nilai rata-rata siswa 50.7, siklus I nilai rata-rata siswa 69.7 dan siklus II nilai rata-rata siswa 87.3. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 2 siswa (8%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 10 siswa (40%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 25 siswa (100%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Fitri Novita Sari, M.Pd. ; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:43
Last Modified: 25 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item