PENGARUH PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP GAYA BELAJAR AKOMODATIF MENURUT DAVID KOLB PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT, NON-ELEKTROLIT, DAN REAKSI REDOKS

KHAIRUNNISA, . (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP GAYA BELAJAR AKOMODATIF MENURUT DAVID KOLB PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT, NON-ELEKTROLIT, DAN REAKSI REDOKS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Keaslian skripsi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Team Games Tournament (TGT) terhadap gaya belajar akomodatif menurut David Kolb pada materi larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi redoks. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bekasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 4 sebanyak 120 orang. Waktu penelitian dimulai sejak bulan Januari hingga bulan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (true experimental). Dengan rancangan penelitian pre-test-post-test design Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu pemetaan gaya belajar siswa menggunakan Kolb Learning Style Inventory (KLSI), penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dan tes penguasaan materi kimia larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi redoks. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil pemetaan gaya belajar, akomodatif merupakan gaya belajar dominasi. Gaya belajar dominasi bertindak sebagai kelompok eksperimen dan gaya belajar selain dominasi bertindak sebagai kelompok kontrol. Selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 43,6 sedangkan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 31,8. Data dari kedua kelompok menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, berasal dari variansi yang sama, dan terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Team Games Tournament (TGT) terhadap gaya belajar akomodatif menurut David Kolb pada materi larutan elektrolit, non-elektrolit, dan reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Achmad Ridwan, M.Si. ; 2). Dr. Imam Santoso, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:57
Last Modified: 10 Jan 2020 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item