PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN DISCOVERY-INQUIRY DI SMA

ARISTIN RARAS, . (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN DISCOVERY-INQUIRY DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RARAS FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah perbandingan hasil belajar Fisika siswa melalui model pembelajaran koorperatif tipe Jigsaw dengan Discovery-Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari – April 2015 di SMA Negeri 2 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Kuasi Eksperimen. Sampel yang diambil dua kelas berasal dari kelas XI SMA Matematika dan Ilmu Alam. Dan dibagi menjadi kelas ekperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dengan skor 0- 1 sebanyak 30 soal dan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian ini di uji dengan uji statistik uji “t” dan uji Tuckey untuk dapat melihat perbandingannya. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,28 ternyata lebih besar daripada t tabel untuk n = 42 dan pada taraf signifikansi 5% adalah 1,66. Dan untuk nilai hitung uji Tuckey (Q hitung) diperoleh sebesar 3,12 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan discovery-inquiry. This research aims to see how the comparison of learning outcome Physics of students using cooperative learning model of Jigsaw with Discovery-Inquiry. The research has been conducted in February-April 2015 in SMAN 2 Bekasi. The research method which is used is the Quasi-Experiments method The samples were taken two classes from XI SMA Mathmatics and Science. And divided into class experiment 1 and experiment 2. The instrument which is used in the form of a multiple choice test with a score of 0-1 as many as 30 questions and five answers. The results of this study with a statistical test the "t" test and Tuckey test to be able to see the comparison. Based on the calculation, t value for 2,28 is higher than t table for n = 42 and at a significance level of 5% is 1,66. And for value of Tuckey test (Q value) is 3,12 at a significance level of 5% is 2,86. It can be concluded that the results of learning physics students using cooperative learning model jigsaw is higher than using the discovery-inquiry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Vina Serevina. ; 2). Drs. Anggara Budi Susila, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:31
Last Modified: 22 Apr 2022 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item