PENERAPAN METODE PERMAINAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PKBM NURANI INSANI PETAMBURAN

RADITYA PRATAMA, . (2017) PENERAPAN METODE PERMAINAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PKBM NURANI INSANI PETAMBURAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi RADITYA PRATAMA.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran paket B pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menerapkan metode permainan team quiz dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di PKBM Nurani Insani Petamburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik paket B PKBM Nurani Insani Petamburan melalui metode permainan team quiz pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan (2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap metode permainan team quiz. Metodologi penelitan pada penelitian ini menggunakan eksperimen dengan design exsperimen yaitu pre-experiment desaign. Bentuk pre-experiment desaign pada penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu peserta didik paket B yang aktif mengiikuti pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di PKBM Nurani Insani Petamburan berjumlah 12 peserta didik. Data diperoleh melalui pretest dan posttest serta ditambah dengan penyebaran angket tanggapan peserta didik terhadap permainan team quiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar peserta didik pada pretest adalah sebesar 50,83, sedangkan posttest sebesar 80,17. Dari kedua hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sebesar 29,34 atau mengalami peningkatan sebesar 58%. Dari hasil tanggapan peserta didik terhadap permainan team quiz, jumlah peserta didik yang memilih sangat setuju dari semua item adalah 71 (49,30%) dan peserta didik yang memilih setuju dari semua item adalah 73 (50,59%) artinya dari hasil tanggapan diatas dapat disimpulkan permainan team quiz dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Hipotesis pengujian pada penelitian ini menggunakan paired samples t-test. Nilai thitung diperoleh sebesar 11,808, sedangkan nilai ttabel diperoleh sebesar 1,796. Hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode permainan team quiz dapat meningkatkan minat belajar peserta didik Paket B PKBM Nurani Insani Petamburan pada pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. This research is motivated by the interest of researchers to study of packet B on the subjects of civic education by applying team quiz game methods to increase the interest of learners packet B on the subjects of civic education in PKBM Nurani Insani Petamburan. The purpose of this study were (1) determine the increased interest of learners Package B PKBM Nurani Insani Petamburan through team quiz game method in teaching civic education subjects Package B PKBM Petamburan on learning citizenship education subjects and (2) Knowing the response of learners to team quiz game methods. Research methodology in this study using experimental design that is experimen pre-experiment.The form of pre-experiment in this study is a one-group pretest-posttest design.The samples in this study using saturation sampling technique that learners are actively following package B civic education in PKBM Nurani Insani Petamburan amounted to 12 learners. Data were obtained through a pretest and posttest and coupled with the questionnaire responses of learners to team quiz game. The results showed that the average value of the interest of learners on the pretest is at 50.83, while the posttest at 80.17. From both results showed an increased interest in learning of 29.34 or an increase of 58%. From the results of learners' responses to the quiz team game, the number of students who choose not agree on all items was 71 (49.30%) and students who voted in favor of all items is 73 (50.59%) means that the results of the above responses it can be concluded team quiz game can create a fun learning. Hypothesis testing in this study using paired samples t-test. value tcount obtained at 11.808, while the value ttable. obtained for 1.796 The calculations show tcount > ttable means Ha accepted and Ho rejected. Thus, it can be concluded that the method of team quiz game can increase the interest of learners Package B Nurani Insani Petamburan on learning citizenship education subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ahmad Tijari, M. Pd. 2). Elais Retnowati, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:54
Last Modified: 19 Apr 2022 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27051

Actions (login required)

View Item View Item