HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA

Ayu Aprilia, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab smuaaa.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PPT Sikripsi.pdf

Download (783kB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari gejala- gejala alam lalu diterangkan dalam bentuk teori, hukum atau prinsip. Oleh karenanya pembelajaran fisika menuntut pemahaman konsep siswa dengan terstruktur. Selain fisika dianggap penuh dengan rumus dan hitungan matematis yang rumit padahal matematis dalam fisika bertujuan agar Fisika dapat dikembangkan dari pemikiran logis dengan perhitungan-perhitungan matematis. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti akan membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan numerik dan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep Fisika di SMA. Penelitian dilakukan di SMAN 64 Jakarta dengan menggunakan 3 instrumen penelitian yaitu instrument pemahaman konsep, kemampuan numerik dan berpikir kritis. Data yang didapat sebelumya dilakukan validasi dan reabilitas di SMAN 104 akan diolah dengan teknik pengolahan data yaitu (1) Mencari Persamaan Regresi, (2) Mencari Koefisien Korelasi, (3), Uji Keberartian Koefisien Korelasi, (4) Mencari Koefisien Determinasi, (5) Mencari Persamaan Regresi Ganda, (6) Mencari Koefisien Korelasi Ganda (1-2), (7) Uji Keberartian Koefisien Korelasi Ganda, (8) Mencari Koefisien Determinasi Ganda, dan (9) Menginterpretasi Koefisien Korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan numerik dengan pemahaman konsep fisika di SMAN 64 Jakarta dalam kategori sedang dengan nilai koefisien r adalah 0.59, (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dengan pemahaman konsep fisika di SMAN 64 Jakarta dalam kategori sedang dengan nilai koefisien r adalah 0.52, (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan numerik dan berpikir kritis dengan pemahaman konsep fisika di SMAN 64 Jakarta dalam kategori kuat dengan nilai konstanta r adalah 0.64. Berdasarkan temuan-temuan di atas, peneliti menyarankan kepada semua pihak dalam dunia pendidikan agar menciptakan kondisi yang lebih memungkinkan berkembangnya kemampuan nume rik dan berpikir kritis siswa. Physics is a branch of Sciences that studies the phenomena of nature and described in the form of a theory, law or principle. Physics learning requires students have a structured understanding of the concept. In addition physics is considered full formulas and complicated mathematical calculation because physics need mathematical cause it must be developed from logical thinking with mathematical calculations. Therefore researchers will create research that purpose to understand the relationship between numerical ability and critical thinking to the understanding concept of physics in high school. The study was conducted in SMAN 64 Jakarta using three instruments. There are instruments of understanding concepts, numerical abilities and critical thinking. The data obtained previously put the test validation and reliability in SMAN 104. After that it will be processed by data processing techniques, namely (1) determine regression equation, (2) determine Correlation Coefficient, (3), Test significance Correlation Coefficient, (4) determine coefficient of determination, (5 ) determine Multiple Regression Equations, (6) determine Multiple Correlation Coefficient (1-2), (7) Test Multiple Correlation Coefficient significance, (8) determine Multiple Coefficient of Determination, and (9) Interpreting the Correlation Coefficient. Based on the results of data analysis showed that: (1) there is a positive and significant correlation between numerical ability with the understanding of physics concepts in SMAN 64 Jakarta in the medium category with coefficient r is 0.59, (2) there is a positive relationship between critical thinking skills with an understanding of physics concepts in SMAN 64 Jakarta in the medium category with coefficient r is 0.52, (3) there is a positive correlation between numerical ability and critical thinking with an understanding of physics concepts in SMAN 64 Jakarta in the strong category with a constant value of r is 0.64. Based on the above findings, the researchers suggest to all those in education in order to create better conditions allowing the development of numerical ability and critical thinking of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Cecep Rustana, Ph. D. ; 2). Drs A. Handjoko Permana, M.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:39
Last Modified: 22 Apr 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item