MENINGKATKAN KEMAMPUAN DINAMIKA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK ANAK AUTISTIK MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan)

RAHMA FADHILAH, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN DINAMIKA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK ANAK AUTISTIK MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1335133655_RAHMA FADHILAH_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dinamika dasar dalam bermusik siswa autistik menggunakan media PECS (Picture Exchange Communication System). Subyek dalam penelitian ini adalah seorang siswa dengan autisme berusia 20 tahun yang mengikuti pembelajaran seni musik di Sekolah Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan November 2016 sampai dengan Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (penelitian dengan subyek tunggal) dan menggunakan pola desain A–B. Teknik pengumpulan data digunakan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dinamika dalam pembelajaran seni musik anak autistik dapat meningkat dengan menggunakan media PECS. Penggunaan media PECS ini berdampak positif pada kemampuan siswa dengan autisme tentang dinamika musik. Oleh sebab itu, guru dapat mengaplikasikan media PECS pada kegiatan pembelajaran seni musik di sekolah. This study aims to improve the basic musical dynamic skills of autistic student using PECS (Picture Exchange Communication System) media. The subject of this study was a 20 years old student with autistic that applied for music subject in Daya Pelita Kasih School of Special Education, South Jakarta. This study was conducted from November 2016 until May 2017. The method that being used in this study is experimental method with single subject research approach and using the design of A–B pattern. Data collection technique that being used are observation and documentation. And data analysis technique that being used is visual analysis in condition. The results of this research indicate that musical dynamic skills in music subject could be improved by using PECS media. The use of PECS media brings positive impact towards autistic students skills in musical dynamic. Therefore, teachers can apply the using of PECS media on music subject activities in school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd. 2). Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:06
Last Modified: 19 Apr 2022 04:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item