PENGEMBANGAN MODUL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ayu Rizka Fauziyyah Busyra, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (703kB)
[img] Text
Romawii prin.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan modul berbasiskan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner dan wawancara di SMA 91 Jakarta menunjukan belum adanya modul yang digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan,validasi ahli, revisi, uji skala kecil, uji skala besar dan penyebaran. Setelah melalui dari tahapan penelitian pengembangan, hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan layak dengan skor rata-rata 90.20% ahli materi, 85.40% ahli media, 85.0% angket guru Fisika, 79.1 % uji skala kecil dan 80.1% uji skala besar. Hasil uji t , sebagai dampak penggunaan modul berbasiskan Problem Based Learning pada siswa SMA 91 Jakarta menunjukan angka yang signifikan. Penelitian ini menunjukan bahwa modul yang sudah dikategorikan layak, mampu meningkatkan hasil belajar siswa. This research has the aim to develop a module with Problem Based Learning. Based on questionnaires and interviews in SMA 91 Jakarta showed no modules are used in learning. The method of this research used research and development .The stages are carried out in this research are: needs analysis, development, validation expert, revisions, test a small scale, large scale test and deployment. After going through the stages of research and development, the results showed that the module developed feasible with an average score of 90.20% matter experts, media specialists 85.40%, 85.0% Physics teacher questionnaires, 79.1% of small-scale test and 80.1% of large-scale test. T test results, as the impact of using module Problem Based Learning on 91 Jakarta high school students showed significant digits. This research shows that the module has been categorized as feasible, can improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Vina Serevina, MM. ; 2). Cecep E Rustana, Ph.D.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:42
Last Modified: 22 Apr 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item