RIZKY SAPUTRA, . (2015) ANALISIS KESESUAIAN LOKASI TERMINAL PENUMPANG DAN ANGKUTAN UMUM TERMINAL PORIS PLAWAD KOTA TANGERANG (Studi Kasus Pengguna Terminal Poris Plawad Tahun 2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Rizky Saputra 4315102490.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian lokasi Terminal tipe A Terminal Poris Plawad Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang pada bulan April – Mei 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi menggunakan daftar cocok dan wawancara menggunakan angket tertutup dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden yang terdiri dari: Penumpang di Terminal Poris Plawad yang berjumlah 70 orang, penyedia jasa layanan angkutan umum yang berjumlah 15 orang, dan petugas di Terminal Poris Plawad yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian berdasarkan pengukuran ketujuh parameter menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesesuaian lokasi Terminal Poris Plawad mencapai 60,13%. Pada parameter rencana umum tata ruang, terpenuhi dua indikator yaitu indikator dalam jaringan trayek AKAP dan terletak di pinggir kota. Pada parameter kondisi topografi, terpenuhi dua indikator yaitu memiliki luas lahan sebesar 5Ha dan memiliki akses yang mudah untuk lalu lintas bus AKAP. Pada parameter keterpaduan antar moda, terpenuhi dua indikator yaitu indikator terdapat fasilitas dengan moda lain dan terdapat jalur angkot minimal lima rute. Pada parameter keadaan lalu lintas dan kapasitas jalan, terpenuhi dua indikator yaitu hambatan samping rendah dan terletak di jalan arteri minimal IIIa. Pada parameter kelestarian lingkungan, terpenuhi tiga indikator yaitu indikator memiliki dokumen AMDAL, memiliki tingkat kebisingan <74db dan memiliki tingkat emisi yang baik. Pada parameter keamanan dan kenyamanan, terpenuhi lima indikator yaitu indikator lokasi yang aman dari gangguan keamanan, akses yang mudah menuju petugas keamanan dan keselamatan, kebersihan terminal, tingkat fatalitas, dan ketersediaan fasilitas penunjang terminal. Pada parameter permintaan terminal, terpenuhi satu indikator yaitu indikator jumlah trayek. Terdapat beberapa indikator kesesuaian lokasi terminal yang belum terpenuhi, yaitu pada indikator terletak di pusat pemerintahan kotamadya, jarak antar terminal minimal 20 km, terdapat halte angkutan kota di sekitar terminal, akses jalan minimimal 100 m, dan penyebaran perjalanan dan simpul transportasi. This study aims to determine the suitability of the location of Terminal type A Terminal Poris Plawad Tangerang City. This research was conducted at the Terminal PorisPlawadTangerang City in April-May 2015. This study used a descriptive method. Data collection techniques in this study by observation using a list of suitable and interviews using the questionnaire enclosed with a total sample of 88 respondents consisting of: Passengers in Terminal PorisPlawad numbering 70 people, public transport service providers, amounting to 15 people, and officials in Terminal PorisPlawad totaling 3 people. Techniques of analysis using descriptive analysis techniques percentage. The results based on measurements of the seventh parameters indicate that the overall suitability of the location of Terminal Poris Plawad reached 60.13%. In the spatial parameters of the general plan, met two indicators are indicators in the AKAP route network and is located in the suburbs. At parameter topography, met two indicators that have a land area of 5ha and have easy access to traffic AKAP bus. In the intermodal integration parameters, met two indicators are indicators there are facilities with other modes of public transportation lanes and there are at least five routes. At the traffic situation parameters and capacity of the road, met the two indicators, namely the low side barriers and is located on arterial roads minimal IIIa. On environmental sustainability parameters, met three indicators, namely indicators have EIA documents, has a noise level <74db and have a good level of emissions. On the safety and comfort parameters, met five indicators of indicator location safe from security, easy access to the security guard and safety, cleanliness terminal, fatality rate, and availability of terminal support facilities. At the demand terminal parameter, met a number of indicators such as indicators of the route. There are several indicators of the suitability of the location of the terminal that has not been fulfilled, namely the indicator is located in the muncipal government center, the distance between terminals of at least 20 km, there is a city transport stops around the terminal, access roads Minimal 100 m, and the deployment of travel and transport node
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Suhardjo, M.Pd. ; 2). Aris Munandar, S.Pd, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 05:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 05:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27070 |
Actions (login required)
View Item |