PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO KLIPPADA MATERI FILUM CNIDARIA DAN PLATYHELMINTHES di SMAN 1 JAKARTA

BOFA THEODOLID S, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO KLIPPADA MATERI FILUM CNIDARIA DAN PLATYHELMINTHES di SMAN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (15kB)

Abstract

Mata pelajaran Biologi dianggap sulit karena memiliki materi cukup banyak, serta sering ditemukan istilah asing yang membuat siswa terkendala dalam memahami pelajaran ini. Salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media pembelajaran yang berbeda dan menarik. Video klip dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik karena sebanyak mungkin indera digunakan untuk menangkap informasi. Selain itu kegiatan belajar bisa menjadi menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berupa video klip pada materi Invertebrata khususnya Cnidaria dan Platyhelminthes di SMAN 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan beberapa tahapan antara lain analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji kelayakan produk serta uji coba produk. Hasil analisis kebutuhan dan wawancara guru Biologi menyatakan bahwa SMAN 1 Jakarta mendukung pengembangan media video klip. Proses pengembangan berlangsung sekitar sebulan kemudian diuji kelayakannya oleh kelompok ahli dan diuji coba pada siswa dan guru. Hasil persentase rata-rata dari ketiga ahli yaitu 78,5%, kemudian uji coba siswa yaitu 83,3% dan guru Biologi yaitu 94,6%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk berupa video klip telah layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa pada materi Invertebrata khususnya filum Cnidaria dan Platyhelminthes. Biology known as a hard Science because there are so many subjects to learn, and too much unfamiliar words make students feel hard to learn about Biology. An appropriate solution to solve that problem is using different and attractive learning media. Video clip could be used as a good media because it can maximize the function of sensory to receive informations, and can make the learning process more fun. The aim of this study was to develop video clip as a learning media on Invertebrates subject at SMAN 1 Jakarta. Method of this research was Research and development which have some phase such as: need assessment, developing product, proper test, and simulation test for student and Biology teacher. Results of need assessment and teacher’s interview shows that SMAN 1 Jakarta support this research to develop video clip as learning media. Product development spend time about one month, and do some proper test and simulation test before it became final product. The result of all proper test was 78,5%, student’s simulation test got 83,3% and teacher simulation test got 94,6%. Based on these results, can be concluded that video clip was proper to used as learning media for students on Invertebrates subject specifically for Cnidarians and Platyhelminthes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Komala, M.Si. ; 2). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:25
Last Modified: 26 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item