STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur)

NAZHIFAH, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nazhifah (1335130101).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari bagi peserta didik dengan gangguan intelektual ringan di SLB Negeri 7 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat perencanaan yang disesuaikan oleh kemampuan peserta didik. Materi yang diberikan yakni sesuai dengan kemampuan pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi disertai pendekatan klasikal maupun individual. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari yaitu tape, sound, vcd player, media tergantung pada jenis tarian tersebut. Dalam proses pembelajaran guru memberikan kode dan reinforcement kepada peserta didik. Bentuk evaluasi yang digunakan tes perbuatan. Penelitian ini menyimpulkan strategi yang digunakan oleh guru seni tari sudah baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tri Sediyani M.Pd 2) Dra. Siti Nuraini Purnamawati M.Sp.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:31
Last Modified: 10 Jan 2020 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item