PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 243 Jakarta)

THERESIA ELSA MIKHA,, . (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 243 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_Theresia Elsa Mikha_4915116901.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 243 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 243 Jakarta, dan sampel penelitiannya siswa kelas VII (VII-3 dan VII-4) berjumlah 36 siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes (lembar pengamatan) dan tes tertulis (pretest dan posttest) berjumlah 33 soal (pilihan ganda) dan 15 soal (uraian). Hasil Penelitian, diperoleh nilai thitung adalah 3,38 dengan taraf signifikan α=0,05 dan ttabel sebesar 1,67 dengan demikian maka thitung > ttabel = 3,38 > 1,67 maka Hi diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Melalui model pembelajaran ini siswa akan mulai terlatih untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi, inovasi, ekspresi, terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. Nusa Putra, S.Fil, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:04
Last Modified: 25 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item