STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Mengenai Program Pemberdayaan Masyarakat Oleh Bina Swadaya Konsultan Di RW 02 Kelurahan Susukan, Jakarta Timur)

TISSA SANTIKA DEWI, . (2015) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Mengenai Program Pemberdayaan Masyarakat Oleh Bina Swadaya Konsultan Di RW 02 Kelurahan Susukan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TISSA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bina Swadaya Konsultan dan perubahan sosial yang terjadi setelah berlangsungnya program di Kelurahan Susukan RW 02, Jakarta Timur. Program ini bertumpu pada pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat memiliki peran sebagai agen perubahan dalam mengelola lingkungannya secara mandiri. Metodologi penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, studi kasus yang dipilih adalah komunitas penerima program bank sampah berbasis partisipasi masyarakat di wilayah RW 02 Kelurahan Susukan, Jakarta Timur yang dilaksanakan oleh Bina Swadaya Konsultan bekerjasama dengan CSR CCFI. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara mendalam, observasi dan penelusuran dokumen atau literatur. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari informan kunci yaitu 1 orang Ketua RW, 1 orang pengurus bank sampah dan 6 orang nasabah bank sampah dan informan pendukung yaitu 1 orang pihak dari Bina Swadaya Konsultan dan 1 orang dari CSR CCFI. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat fakta-fakta yang terungkap dalam pemberdayaan yang dilakukan oleh pelaksana program yaitu Bina Swadaya Konsultan serta dukungan dana dari donatur yaitu CSR CCFI. Setelah adanya program bank sampah, masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan banyak sekali perubahan salah satunya adalah perubahan pola pikir untuk melakukan pemanfaatan sampah secara berkelanjutan. Bukan hanya itu, dukungan dari Pemerintah lokal setempat sangat terlihat sekali. Kelurahan susukan sangat mendukung program-program yang memang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andarus Darahim, MPA. ; 2). Dewi Sartika M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:06
Last Modified: 25 Apr 2022 04:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27085

Actions (login required)

View Item View Item