PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME EDUCATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 175 JAKARTA

YULI NURFITRIA, . (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME EDUCATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 175 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME EDUCATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran game educative terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 175 Jakarta Selatan, Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 175 Jakarta Selatan semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII-II sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random). Teknik analisis statistik kuantitatif yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol (kelas eksperimen 82,61 dan kelas kontrol 68,66). Dari perhitungan menggunakan uji t diperoleh data thitung > ttabel yaitu 3,69 > 1,67. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran game educative terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 175 Jakarta dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat bahwa dalam metode pembelajaran game educative secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar, ini dapat terlihat dari banyak siswa yang aktif dalam proses pembelajaran setelah diberikan perlakuan (menggunakan metode pembelajaran game educative).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Muhammad Muchtar, M.Si. ; 2). Dr. Desy Safitri.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:09
Last Modified: 25 Apr 2022 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item