UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KECIL DI PAUD/TK PERTIWI VIII BINTARA JAYA BEKASI BARAT

LEADY MEGA AFNUR, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KECIL DI PAUD/TK PERTIWI VIII BINTARA JAYA BEKASI BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Leady Mega Afnur.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD/TK Pertiwi VIII Bintara Jaya Bekasi Barat dengan menggunakan permainan kecil . Metode penelitian yang digunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas B usia 5-6 tahun di PAUD/TK Pertiwi VIII Bintara Jaya Bekasi Barat yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juni 2015 yang dibagi dalam dua siklus tindakan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa metode permainan kecil sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas B PAUD/TK untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa. Pada tes awal yang direalisasikan menghasilkan sebagai berikut : nilai rata-rata siswa yang tuntas 7 (30%) siswa. Pada siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakkan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil sebagai berikut : nilai rata-rata siswa yang tuntas 12 (52%) siswa, yang tidak tuntas 11 (48%) Pada siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakkan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil sebagai berikut : nilai rata-rata siswa yang tuntas berjumlah 20 (87%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Fitri Novita Sari, M.Pd. ; 2). Dr Yusmawati, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:15
Last Modified: 25 Apr 2022 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item