DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VIIC SMP NEGERI 7 JAKARTA

TRI WIJAYANTI, . (2016) DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VIIC SMP NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3. Persembahan.pdf

Download (35kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (83kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (83kB)
[img] Text
1. LAS Pertemuan 1 Aktivitas 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN SKRIPSI .pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir aljabar melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2015 sampai dengan bulan Juni 2016, mulai dari penyusunan proposal sampai dengan laporan hasil penelitian. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design research. Terdapat tiga fase penelitian pada penelitian jenis design research, yaitu tought experiment, instruction experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-C di SMP Negeri 7 Jakarta. Data yang dikumpulkan berupa rekaman video dan foto selama pembelajaran berlangsung, hasil wawancara siswa, hasil kerja siswa, hasil diskusi, serta catatan lapangan di setiap pertemuan. Instrumen yang digunakan, antara lain handphone, lembar wawancara, lembar aktivitas siswa, lembar catatan lapangan, dan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB). Ada dua jenis validitas pada penelitian ini, yakni validitas internal dan validitas ekologi. Sedangkan realiabilitas yang ada yakni reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Kemampuan berpikir aljabar siswa mengalami perkembangan melalui aktivitas yang telah dirancang sesuai dengan penguasaan keterampilan pada komponen berpikir aljabar Kriegler, yaitu 3 komponen berpikir matematis serta penguasaan 3 gagasan aljabar fundamental. Proses pembelajaran melalui rangkaian aktivitas yang telah dirancang, berjalan sesuai dengan HLB yang sudah dirancang sebelumnya. Rangkaian aktivitas yang berkaitan dengan pendekatan PMR yang memperhatikan karakteristiknya pada penelitian design research ini mampu mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, karakteristik pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berperan dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Jakarta pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. The purpose of this research is to acknowledge how to improve student’s ability in algebraic thinking by using Mathematic Realistic Education (RME) in linear equality and inequality of one variable chapter. This research had been done in February 2015 until June 2016, started from making proposal until the result of the research. Methodology of this research is design research. There were three phase of this study, that are tought experiment, instruction experiment, and retrospective analysis. The subject of this research is students in VII-C of SMP N 7 Jakarta. This research use data such as video documenter, photo of learning process, interview, student’s activity paper, field note and hypothesis learning trajectory. There were two validity in this research, that are internal validity and ecology validity. Meanwhile, the reliability are internal reliability and external reliability. Student’s ability in algebraic thinking developed by activities that had been planned due to algebraic thinking abilities by Kriegle, that are 3 components thinking mathematically and 3 fundamental algebra ideas. Learning process had been done according to hypothesis learning trajectory. The activities that related to Realistic Mathematic Education had increase student’s ability in algebraic thinking. Based on retrospective analysis, the Realistic Mathematic Education has an impact in developing student’s ability in algebraic thinking for students in VIIC SMP N 7 Jakarta in linear equality and inequality one of variable chapter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Tri Murdiyanto, M.Si 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Apr 2022 09:17
Last Modified: 19 Apr 2022 09:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27108

Actions (login required)

View Item View Item