PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSSEXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

ULFA NURVINA, . (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSSEXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ULFA NURVINA_3315126609.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK_INGGRIS_ULFA NURVINA_3315126609.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ULFA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PDEODE terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 31 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive, yang diperoleh kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model PDEODE dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 85,94 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 83,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 2,01; ttabel = 1,66 sehingga thitung > ttabel). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. This study aims to determine the effect of the application of PDEODE learning model against chemistry student learning outcomes in an acids bases solution topic environmental integrated education. This research is a quasi-experimental research designed with Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in SMAN 31 Jakarta 2015/2016 academic year . Sampling technique used is purposive sampling, obtained XI MIA 4 as an experimental class using PDEODE model learning and class XI MIA 3 as the control class by using 5M learning that each class has 36 students. Instruments used in this research is result of chemistry test in the form of multiple choice questions. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistical t-test. The average results of student learning chemistry experimental class is 85,94 while the average learning outcomes of the control class is 83.67. The results showed that there were differences in the results of studying chemistry at the experimental class and control class (tvalue = 2.01; ttable = 1,66 so tvalue> ttable). The existence of these differences indicate that the application of PDEODE learning model positive effect on students' learning outcomes in the material chemistry of acid-base solution integrates environmental education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agung Purwanto, M.Si 2) Dr. Afrizal, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:03
Last Modified: 20 Apr 2022 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27115

Actions (login required)

View Item View Item