POLA SRATEGI ADAPTASI SOSIAL FRESH GRADUATE DALAM MEMILIH PEKERJAAN (Studi Kasus: Fresh Graduate Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial UNJ).

RIKKY LEANDER, . (2017) POLA SRATEGI ADAPTASI SOSIAL FRESH GRADUATE DALAM MEMILIH PEKERJAAN (Studi Kasus: Fresh Graduate Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIKKY LEANDER.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pola adaptasi sosial yang dilakukan oleh para fresh graduate Pendidikan IPS UNJ dalam memilih pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pengamatan mendalam. Sampel atau subjek dari penelitian ini adalah para fresh graduate yang berasal dari Program Studi Pendidikan IPS FIS UNJ. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, mulai dari bulan Februari sampai dengan April 2017. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pola Adaptasi Sosial Fresh Graduate Pendidikan IPS FIS UNJ dalam memilih pekerjaan terdiri dari serangkaian proses yang saling sistematis, terintegrasi, serta berkelanjutan. Serangkaian proses adaptasi sosial tersebut direalisasikan kedalam tiga bentuk proses adaptasi sosial, yaitu proses adaptasi sosial saat masih berstatus mahasiswa, pasca lulus kuliah, serta pasca bekerja. Untuk dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dalam memilih pekerjaan, dibutuhkan suatu strategi pemilihan pekerjaan yang baik. Adapun strategi pilihan pekerjaan yang dilakukan oleh para fresh graduate Pendidikan IPS diantaranya ialah menetapkan passion atau minat diri, membuat planning/pemetaan pekerjaan, melakukan perluasan konektivitas, dan menggali informasi secara detail.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:08
Last Modified: 20 Apr 2022 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item