INTEGRASI PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

RIZKA DWI KURNIA, . (2017) INTEGRASI PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Rizka Dwi Kurnia_FIS IAI 2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, tujuan, dan metode pendidikan seks dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah menengah atas. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pengetahuan dan kesadaran seksual masyarakat yang pada akhirnya menimbulkan permasalahan. Salah satu faktor disinyalir sebagai penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah minimnya pendidikan seks yang diperoleh anak baik di rumah maupun sekolah. Pendidikan seks nampaknya masih jarang mendapat perhatian di kalangan pendidik. Minimnya kompetensi pendidik dalam memahami konsep pendidikan seks secara komprehensif memunculkan anggapan bahwa pendidikan seks tidak sesuai sebagai bagian dari materi pembelajaran. Salah satu upaya agar pendidikan seks dapat masuk ke dalam lingkup sekolah yaitu dengan mengintegrasikannya melalui kegiatan pembelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI). Teori pendidikan seks yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ali Akbar. Menurut Ali, pendidikan seks adalah bimbingan dan pemberian informasi kepada anak untuk menjaga diri dalam pergaulan dari segala hal yang bertentangan dengan fitrah dan kesucian manusia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi informan adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari tiga sekolah di Jakarta Timur, dosen psikologi, dosen Pendidikan Agama Islam (PAI), dan psikolog. Penelitian ini menyimpulkan; pertama konsep pendidikan seks adalah upaya pemberian informasi dan bimbingan kepada anak berlandaskan ajaran Islam agar anak bertanggung jawab dalam pergaulan. Kedua, tujuan pendidikan seks adalah pembentukan pribadi muslim yang berakhlaq mulia, memiliki aqidah yang kuat, dan taqwa beribadah kepada Allah SWT, serta melindungi diri dari perbuatan asusila dan pelecehan seksual. Ketiga, metode yang biasa digunakan dalam mengintegrasikan pendidikan seks antara lain; metode diskusi, keteladanan, pengawasan, pembiasaan, dan pengikatan. Adapun metode khusus pendidikan seks adalah team teaching, pemisahan kelas, dan sosialisasi. This research aims to find out about the concept, purpose, and method of sex education in the learning of islamic religious education for high school. This idea motivated by low of knowledge and awareness sexual from society that cause many problems in the end. One of the main cause is children didn't get comprehensive sex education both at home and school. Sex education seems rarely get attention from teachers. The low of competence teachers for understanding about sex education correctly, it raises an assumption that it’s not important and inappropriate as part of learning’s materials. One of the efforts in order to get sex education into school community by integrating it through learning activities, especially islamic religious education. The theory in this research is Ali Akbar. According to Ali, sex education is guidance and giving of information to children in order to keep themselves on society from everything that opposites of nature and human purity. The methodology in this research is descriptive analitic with qualitative approach. The informants are teachers of islamic religious education in region of East Jakarta, psychology lecturer, lecturer of islamic religious education, and psychologist. The conclusions are; fisrt the concept of sex education is an effort to give information and guidance children based on Islamic law in order to get responsibility on society. Second, the purposes of it are establishment of muslim morality, strong aqidah, and obedient to Allah, also protect themselves from sexual immorality and sexual harassment. Third, the usual methods used for it are discussion, exemplary, monitoring, habituation, giving reward and punishment. The specially methods are team teaching, class separation, and workshop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Andy Hadiyanto, M.A 2) Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:45
Last Modified: 20 Apr 2022 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item