HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN DAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI BIDANG SAINS DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR

VIKA ZAKIYATUN NISA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN DAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI BIDANG SAINS DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMA NEGERI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
VIKA (3415126642) Final.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia menempati peringkat terendah dalam The Learning Curve Pearson mengenai kemampuan kognitif dan pencapaian pendidikan. Hal ini diduga disebabkan oleh kualitas mengajar guru yang rendah. Kualitas mengajar guru dapat dilihat dari perilaku guru mengajar di dalam kelas. Perilaku mengajar guru akan bertambah seiring dengan bertambahnya pengalaman mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengalaman dan kualitas mengajar guru sains dalam kompetensi pedagogik di SMA Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMA Negeri di Jakarta Timur pada bulan Oktober – November 2016. Metode yang digunakan adalah deskriptifkorelasi, dengan teknik survei. Sampel penelitian berjumlah 31 guru, diambil secara purposive sampling. Hasil uji korelasi Spearman Rank menunjukan tidak adanya hubungan antara kedua variabel (0,153<0,356). The Learning Curve Pearson results for Indonesian students are the lowest for cognitive ability and educational attainment category. This was suspected by the low teacher’s teaching quality. Teaching quality could be obeserved by how teacher behave in the classroom. Teacher’s teaching behaviour will improve as teaching experience increases. This study aimed to determine the relationship between teaching experience and science teacher’s teaching quality of pedagogical competency at secondary school in East of Jakarta. The research conducted was in state senior high schools in East of Jakarta in October-December 2016. The methodology used was descriptive-correlational with survey technique. The sample used was 31 teachers with purposive sampling. Spearman Rank Correlaion test show that there was no relationship between two variables (0,153<0,356).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yulia Irnidayanti, M.Si 2) Dra. Ratna Dewi W., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:46
Last Modified: 20 Apr 2022 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item