PENGEMBANGAN SOFT SKILLS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY PADA MATERI ASAM-BASA

VIVI NURFITRIYANA, . (2017) PENGEMBANGAN SOFT SKILLS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED TERINTEGRASI GREEN CHEMISTRY PADA MATERI ASAM-BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Vivi Nurfitriyana 3315130947.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soft skills siswa melalui penerapan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented yang terintegrasi Green Chemistry pada materi asam basa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 76 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diterapkan dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi kelas, reflektif jurnal, wawancara dan instrumen VLESModified. Pembelajaran kimia yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengkaji dan mengkritisi isu-isu sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan terkait ke dalam prinsip Green Chemistry yang disajikan melalui artikel dan kemudian dilakukan debat antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented terintegrasi Green Chemistry pada materi asam basa dapat mengembangkan soft skills siswa diantaranya seperti kerjasama siswa dalam kelompok, cara berkomunikasi siswa, kemampuan berpikir kritis siswa terhadap permasalahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, serta mengembangkan kreativitas siswa. Selain itu, rasa keingintahuan siswa, percaya diri dan kemampuan berargumen siswa juga meningkat yang terlihat dari keantusiasan siswa serta keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Dengan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa soft skills siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented terintegrasi Green Chemistry dalam pembelajaran kimia di dalam kelas. This research aims to develop student's soft skills with the application of Sociocritical and Problem-oriented approach that integrated by Green Chemistry on acid-base material class of XI IPA 2 in SMA Negeri 76 Jakarta, with the total amount 36 students. The research used qualitative research which is applied by collecting data through class observation, reflective journal, interview and VLES-Modified instrument. Chemistry learning which is done by this research by review and criticize the social issues that exist in daily life and related to the principles of Green Chemistry presented through the articles and group debate. The result shows that learning with Socio-critical and Problem-oriented approach of Green Chemistry integrated in acid-base material can develop student's soft skills, such as cooperation in group, the way of communication, critical thinking ability to chemical problem in daily life also develop student creativity. In addition, student's curiosity, self-confidence and argument ability can be seen through students’ enthusiasm during direct lesson. Thus, it can be concluded that student’s soft skills have developed by applying Socio-critical and Problem-oriented approach integrated Green Chemistry in learning chemistry in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yuli Rahmawati, M.Sc.,Ph.D 2) Arif Rahman, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:56
Last Modified: 20 Apr 2022 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27146

Actions (login required)

View Item View Item