POLA ASUH ORANGTUA KEPADA ANAK KEMBAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi Kasus Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara)

RIZKY RACHMAWATI, . (2017) POLA ASUH ORANGTUA KEPADA ANAK KEMBAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi Kasus Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIZKY RACHMAWATI SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang dilakukan orangtua kepada anak kembarnya dalam membentuk karakter di Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara melihat, mengamati dan mencatat pola asuh orang tua kepada anak kembar dalam pembentukan karakter. Wawancara dilakukan terhadap orangtua, keluarga, masyarakat sekitar dan guru anak kembar. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah pola asuh yang diterapkan keempat orangtua terhadap anak kembarnya di Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, yaitu menggunakan pola asuh demokratis dan otoriter. Orangtua menerapkan pola asuh demokratis pada anak kembar dalam sebagian besar aspek yang ada dalam pola asuh, yaitu menyampaikan pendapat, bermain dan bergaul, kegiatan sekolah, prestasi belajar, komunikasi orangtua dan anak, rasa kepercayaan. Sedangkan pola asuh otoriter pada anak kembar dalam sebagian besar aspek yang ada dalam pola asuh, yaitu prilaku jujur, kegiatan rohani, dan menentukan barang-barang untuk anak. Dengan adanya pola asuh tersebut tidak membuat karakter yang dimiliki masing-masing anak kembar memiliki persamaan, mereka memiliki karakter yang berbeda pada setiap kembarannya. Dengan adanya karakter yang berbeda pada setiap anak kembar orangtua diharapkan mampu menyeimbangkan perlakuan kepada anak kembarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Shahibah Yuliani, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:13
Last Modified: 20 Apr 2022 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27155

Actions (login required)

View Item View Item