UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DI TANGERANG

WARIH PRATIWI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DI TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WARIH PRATIWI_3115126530_FMIPA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII SMP Swasta di Tangerang. Penelitian ini menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu (1) mengidentifikasi dan menjastifikasi konsep, (2) menggeneralisasi, (3) menganalisis algoritma, dan (4) memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif. Tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Tindakan dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari satu sampai dua pertemuan di setiap siklusnya. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif berupa hasil wawancara, lembar observasi, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan tahapan penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Swasta di Tangerang. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil pengamatan pada aktivitas pembelajaran matematika dengan model NHT. Selain itu, meningkatknya kemampuan berpikir kritis matematis ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai tes akhir siklus I adalah 43,76% atau tergolong kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 61% atau masih tergolong kategori sedang, dan pada siklus III meningkat menjadi 76,41% yang tergolong kategori tinggi. Jumlah yang mencapai nilai KKM juga mengalami peningkatan setiap siklus. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 1 orang atau 4,55% dari jumlah seluruh siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 9 orang atau 40,91%, dan pada siklus III kembali meningkat menjadi 18 orang atau 81,8%. This research aims to improve students' mathematical critical thinking using NHT cooperative learning model in VIII students of Private Junior High School in Tangerang. This study uses indicators of critical thinking ability, ie (1) identifying and justifying concepts, (2) generalizing, (3) analyzing algorithms, and (4) solving problems. This research is a reflective action research class. Stages performed, namely planning, implementation, analysis, and reflection. The action is done in three cycles consisting of one to two meetings in each cycle. Data analysis is done quantitatively and qualitatively. The data were analyzed qualitatively in the form of interview result, observation sheet, and documentation result. The results showed that mathematics learning using NHT type cooperative learning model (Numbered Head Together) with numbering stage, asking questions, thinking together, and answering can improve mathematical critical thinking ability of VIII students of Private Junior High School in Tangerang. This is shown based on observations on mathematics learning activities with NHT model. In addition, the increased ability of critical mathematical thinking is indicated by an increase in the average value of the final test given at each end of the cycle. The average value of the final test of the first cycle is 43.76% or is classified as moderate, in the second cycle increased to 61% or still classified as moderate category, and in the third cycle increased to 76.41% which is categorized as high category. The number of KKM scores also increased every cycle. In the first cycle, the number of students who reach KKM is 1 person or 4.55% of the total students, then in cycle II increased to 9 people or 40.91%, and in cycle III again increased to 18 people or 81.8% .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:15
Last Modified: 20 Apr 2022 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27158

Actions (login required)

View Item View Item