Neneng Jauhar, . (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Study Eksperimen di BKB PAUD Matahari, Pulo Gadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (15kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (205kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
11. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Download (299kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Download (450kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain post-test only control group design. Adapun sampel penelitian ini adalah anak kelas B (usia 5-6 tahun) di BKB PAUD Matahari, Pulo Gadung, Jakarta Timur dengan jumlah sampel 10 anak di kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak di kelas B2 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t bahwa diketahui hasil dari thitung 4,12 dan ttabel 1,81 Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari permainan tradisional terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Matahari. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD. Implikasi penelitian ini bahwa permainan tradisional dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, menarik dan bermakna bagi pembelajaran keterampilan sosial anak khususnya usia 5-6 tahun. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi, menarik, dan menyenangkan melalui permainan tradisional untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun menjadi lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Sofia Hartati, M.Si 2) Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 09:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 09:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2716 |
Actions (login required)
View Item |