WAWAN ANDRIANA, . (2017) PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SIMULASI PHET DENGAN MENGGUNAKAN KIT PRAKTIKUM TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3215133257-WAWAN ANDRIANA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kelompok siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi yang menggunakan metode eksperimen dengan simulasi PhET dan metode eksperimen dengan kit praktikum. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sebagai uji hipotesis. Setelah melalui uji hipotesis terhadap data, didapat hasil thitung (3,052) lebih besar dari ttabel (1,668) dengan α=5% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 2 (70,85) lebih besar daripada kelas eksperimen 1 (63,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan simulasi PhET lebih efektif digunakan dalam pembelajaran materi teori kinetik gas kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi. This Quasi Experimental Research aims to compare the learning outcome of grade XI students in SMAN 1 Bekasi using experiment method with PhET simulation and experiment method with lab kit. Experiment’s samples are XI IPA 5 class as experiment class 1 and XI IPA 6 class as experiment class 2. Samples are determined by purposive sampling method. Data is collected using written test and analyzed using normality test, homogeneity test and t-test for hypothesis test. After hypothesis testing, obtained the tcount= 3,052 and ttable= 1,667. tcount is greater than ttable which is means there is a significant difference between experiment class 1 and experiment class 2. Posttest result of experiment class 2 (70,85) is greater than experiment class 1 (63,26), so it can be concluded that learning process using experiment method with PhET simulation is more effective than experiment method with lab kit in gas kinetic theory.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ir. Vina Serevina, MM 2) Cecep E. Rustana, PhD |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:18 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27161 |
Actions (login required)
View Item |