PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SIMULASI PHET DENGAN MENGGUNAKAN KIT PRAKTIKUM TEORI KINETIK GAS

WAWAN ANDRIANA, . (2017) PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SIMULASI PHET DENGAN MENGGUNAKAN KIT PRAKTIKUM TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215133257-WAWAN ANDRIANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kelompok siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi yang menggunakan metode eksperimen dengan simulasi PhET dan metode eksperimen dengan kit praktikum. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sebagai uji hipotesis. Setelah melalui uji hipotesis terhadap data, didapat hasil thitung (3,052) lebih besar dari ttabel (1,668) dengan α=5% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 2 (70,85) lebih besar daripada kelas eksperimen 1 (63,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan simulasi PhET lebih efektif digunakan dalam pembelajaran materi teori kinetik gas kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi. This Quasi Experimental Research aims to compare the learning outcome of grade XI students in SMAN 1 Bekasi using experiment method with PhET simulation and experiment method with lab kit. Experiment’s samples are XI IPA 5 class as experiment class 1 and XI IPA 6 class as experiment class 2. Samples are determined by purposive sampling method. Data is collected using written test and analyzed using normality test, homogeneity test and t-test for hypothesis test. After hypothesis testing, obtained the tcount= 3,052 and ttable= 1,667. tcount is greater than ttable which is means there is a significant difference between experiment class 1 and experiment class 2. Posttest result of experiment class 2 (70,85) is greater than experiment class 1 (63,26), so it can be concluded that learning process using experiment method with PhET simulation is more effective than experiment method with lab kit in gas kinetic theory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Vina Serevina, MM 2) Cecep E. Rustana, PhD
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:18
Last Modified: 20 Apr 2022 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item