PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDUKUNG BERUPA MAJALAH ELEKTRONIK FISIKA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL SMA KELAS XI

WIDIYA WIYANTI, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDUKUNG BERUPA MAJALAH ELEKTRONIK FISIKA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL SMA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - WIDIYA WIYANTI (3215122019).pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pendukung berupa majalah elektronik fisika yang dapat digunakan sebagai pendukung bahan ajar utama yang bersifat mandiri pada materi Pemanasan Global SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada teori Borg dan Gall yang telah dimodifikasi tanpa mengurangi esensinya dengan melalui delapan tahap pengembangan. Majalah elektronik fisika ini sudah melalui tahap evaluasi sesuai dengan metode yang digunakan, yaitu uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan ahli grafika, serta uji coba lapangan kepada guru fisika dan siswa. Berdasarkan uji kelayakan didapatkan hasil, ahli materi adalah 90,69% dengan interpretasi “sangat baik”, ahli media adalah 84,36% dengan interpretasi “sangat baik”, dan ahli grafika adalah 89,52% dengan interpretasi “sangat baik”. Uji coba lapangan dilakukan kepada dua guru fisika dan mendapatkan hasil 91,04% denga interpretasi “sangat baik” serta uji coba lapangan kepada 70 siswa mendapatkan hasil 83,51% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari penelitian ini adalah majalah elektronik fisika pada materi pemanasan global SMA kelas XI dinyatakan layak sebagai bahan ajar pendukung siswa. This research aims to develop the suplementary learning materials as electronic physics magazine that can be used to support the main learning materials of Global Warming for Senior High School 11th grade. The method used in this research is a Research and Development, which refers to the theories of Borg and Gall that have been modified without compromising its essence through eight stages of development. Electronic magazine of physics has been through an evaluation period in according to the method that was validation by subject matter experts, media experts and graphic expert, and field trials for physics teachers and students. Based on validation results, subject matter experts is 90.69% with "very good" interpretation, media expert is 84.36% with "very good" interpretation, and graphic expert is 89.52% with "very good" interpretation. The field trials conducted to two physics teachers and get results 91.04% with "very good" interpretation, and field trials by 70 students get results 83.51% with "very good" interpretation. Results from this research is the electronic magazine of physics of Global Warming for Senior High School 11th grade was qualified as suplementary learning materials for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Raihanati, M.Pd 2) Riser Fahdiran, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:28
Last Modified: 20 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27167

Actions (login required)

View Item View Item