HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP DOSEN PEMBIMBING DENGAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

FAKHRANI ISTI IRSALINA, . (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP DOSEN PEMBIMBING DENGAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FIX SKRIPSI_Fakhrani Isti Irsalina_1125134577_UNJ_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan dosen pembimbing terhadap ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis korelasi. Ketakutan akan kegagalan diukur dengan instrumen The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) dari David E. Conroy (2001) dengan reliabilitas sebesar 0,98, sedangkan skala komunikasi interpersonal diadaptasi dari tesis milik Evi Zuhara (2014) dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan reliabilitas sebesar 0,86. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyelesaikan skripsi sebanyak 136 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal terhadap ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa. Nilai koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar -0,240 dengan signifikansi 0,005 pada tingkat taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara komunikasi interpersonal dengan dosen pembimbing terhadap ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. This study aims to determine the relationship between interpersonal communication to supervisors with the studennts fear of failure in completing undergraduated thesis. The research approach used in this study is quantitative, with the correlation analysis method. Fear of failure is measured by the Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) scale of David E. Conroy (2001) with a reliability of 0.98, while the interpersonal communication scale is adapted from Evi Zuhara (2014) thesis from Universitas Pendidikan Indonesia with a reliability of 0,86. The respondents in this study are 136 students, who are completing the undergraduated thesis in Universitas Negeri Jakarta. The findings indicate there is a relationship between interpersonal communication towards the students fear of failure. The value of correlation coefficient generated equal to -0,240 with significance of 0,005 at the significance level of 5%. It can be concluded that there is a negative relationship between interpersonal communication to supervisors with students fear of failure in completing undergraduated thesis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lussy Dwiutami W., M.Pd 2) Deasyanti, M.Psi., Ph. D.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:39
Last Modified: 20 Apr 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item View Item