PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI PAUD DARUL MUTTAQIEN

REZA ANDANI, . (2016) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI PAUD DARUL MUTTAQIEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Reza Andani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran berbasis lingkungan di kelas B2 khususnya pada tema air. Penelitian ini dilakukan di PAUD Darul Muttaqien Jakarta dengan responden 20 orang siswa dan pendidik. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang dikembangkan oleh M.Atwi Suparman. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan dengan delapan langkah, yaitu tahap pertama mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik. Tahap kedua yaitu menulis tujuan instruksional khusus, menulis tes acuan patokan, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, dan tahap yang ketiga yaitu melaksanakan evaluasi formatif. Strategi pembelajaran berbasis lingkungan menghasilkan sebuah perangkat strategi pembelajaran serta buku panduan untuk guru. Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata keseluruhan pada evaluasi ahli dengan nilai 3,57. Serta dari data rekapitulasi hasil penilaian siswa didapatkan standar nilai kelas dengan hasil 86%. Strategi pembelajaran berbasis lingkungan dengan tema air yang dikembangkan layak diterapkan di PAUD kelompok B. Implikasi penelitian ini bagi guru adalah, dapat membantu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran khususnya pada tema air, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa akan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. The purpose of this research is to develop an environmental based on strategy with the theme of water for grade B2. This research was conducted in PAUD Darul Muttaqien Jakarta with 20 responden and teacher. The development model which used is The Istructional Development Model by M. Atwi Suparman. This development model consists of three stages with eight steps, the first stage is identify the instructional needs and write an instructional objectives,instructionl analysis, identify the early behavior and characteristic of learners. The second stage is write the specific instructional objective, write the standard reference test, arrange the instructional strategy, develop the instructional material, and the third stage is implementing the formative evaluation. This enviromental strategy results in a set of learning and guide book for teacher. The test result obtained from the overall average of 3.57 on expert evaluation. Recapitulation of the data assessment of student work in class with default values get result 86%. This strategy developed feasible to apply in kindegarten group B. The implication of this research for teacher is the research hel teacher in designing instructional activities, especially on the theme of water, that make instructional becomes more meaningful and students will be more enthusiastic in participating in instructional activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M. Pd. 2). Kunto Imbar, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:35
Last Modified: 20 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item