PENGEMBANGAN BUKU FISIKA MULTI REPRESENTASI PADA MATERI GELOMBANG DENGAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH

WIDYA NUR HAYATI, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA MULTI REPRESENTASI PADA MATERI GELOMBANG DENGAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WIDYA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan dan menghasilkan buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah pada materi gelombang, dan (2) memenuhi persyaratan kelayakan buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah melalui uji validasi oleh para ahli, uji keterbacaan, uji terbatas dan uji lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pendekatan Dick and Carey yang dimodifikasi oleh M. Atwi Suparman yang dinamai dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI), yaitu model penelitian pengembangan yang secara khusus digunakan untuk mendesain pembelajaran modern. Hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 93,33%, hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata sebesar 85,47%, hasil uji validasi oleh ahli pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 84,28%, hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata sebesar 89,18%, hasil uji coba lapangan oleh guru fisika SMA diperoleh rata-rata sebesar 88,16% dan peserta didik SMA bahwa diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,51%. Oleh karena itu, buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah dapat dikatakan sangat baik sebagai sumber belajar. This study aims (1) to develop and produce the physics multiple representation’s books using problem based approach on waves matter, and (2) to describe the advisability of the physics multiple representation’s books using problem based approach by means of validation test. This study has Research and Development’s (R & D) method with the modified Dick and Carey’s model. This model is modified by M. Atwi Suparman then become “Model Pengembangan Instruksional” which has the function to develop the modern instructional design. The average percentage of validation test by: physics subject expert is 93,33%, media expert is 85,47%, and learning expert is 84,28%. The average percentage of limited test by student is 89,18%. The average of field test by: teacher is 88,16%, and student is 82,51%. It can be concluded that the physics multiple representation’s book using problem based approach is good to be use as physics book.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Vina Serevina, MM 2) Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:37
Last Modified: 20 Apr 2022 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item View Item