ANALISIS HUBUNGAN KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARA WIDYAISWARA DI PUSBANGLAT KB PMP SERTA PA RAWASARI

RICA PUTRI, . (2017) ANALISIS HUBUNGAN KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARA WIDYAISWARA DI PUSBANGLAT KB PMP SERTA PA RAWASARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
daftar isi fixdocx.pdf

Download (90kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
lembar persetujuan pembimbing.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan kompetensi pengelolaan pembelajaran dengan latar belakang pendidikan para Widyaiswara di Pusat Pengembangan Pelatihan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan serta Perlindungan Anak (PUSBANGLAT KB PMP serta PA) Rawasari.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 informan yang seluruh informannya yaitu para Widyaiswara. Di PUSBANGLAT KB PMP serta PA Rawasari. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini adalah pengamatan langsung, wawancara, catatan lapangan.Analisis data pada penelitian kali ini yaitu menggunakan reduksi data,penyajian data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.Hasil dari penelitian yaitu para Widyaiswara di PUSBANGLAT KB PMP serta PA sudah cukup memenuhi indikator pada kompetensi pengelolaan pembelajaran.Dalam menjalankan tugas sebagai pendidik terdapat perbedaan cara mengajar yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan Widyaiswara.Perbedaannya yaitu WIdyaiswara jabatan madya dengan latar belakang pendidikan S2 lebih memiliki banyak latar belakang pendidikan baik formal maupun non formal dan sudah memenuhi indikator kompetensi pengelolaan pembelajaran sehingga peserta pelatihan lebih mengerti dan mendapatkan hasil post test yang cukup tinggi. Adapun Widyaiswara dengan jabatan pertama dengan latar belakang pendidikan S1 kurang memiliki latar belakang pendidikan formal dan non formal yang cukup sehingga kurang memenuhi indikator dalam kompetensi pengelolaan pembelajaran. This study aimed to get an overview of the learning relationship management competencies with an educational background of the lecturer at the Center for Development of Family Planning Training Women's Empowerment and Child Protection (PMP KB PUSBANGLAT and PA) Rawasari.Penelitian uses a qualitative approach. This study uses three informants throughout the informant that the lecturer. In PUSBANGLAT KB PMP and PA Rawasari. Penelitian uses a qualitative approach. This study uses three informants throughout the informant that the lecturer. In PUSBANGLAT KB PMP and PA Rawasari. Data collection techniques in this research is the direct observation, interviews.Analisis records the data in the present study is using data reduction, data presentation and draw conclusions or verifikasi.Pengecekan validity of the data using triangulation techniques data.Hasil of research is the lecturer in PUSBANGLAT KB PMP as well as the PA is sufficient to meet the indicators on management competencies pembelajaran.Stints as an educator there are different ways of teaching related educational background Widyaiswara.The difference associate lecturer positions with S2 educational background better to have many educational background in both formal and non-formal and already meets indicator learning management competence so that trainees get a better understanding and post test results are high enough. The lecturer with the rank of first with an educational background backgrounds S1 lacks formal education and non-formal enough so that does not meet the indicators within the competence of the management of learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd. 2). Karta Sasmita, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:49
Last Modified: 20 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item