SURVEI PENDAPAT GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM

RIESTYA APRILIA BUDDIYANTINE, . (2017) SURVEI PENDAPAT GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat guru sekolah dasar terhadap perubahan kurikulum khususnya kurikulum 2006 ke kurikulum 2013. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala Guttman 1-0 yang disebar ke 78 orang responden. Hasil pengolahan data dalam penelitian menunjukkan bahwa pendapat guru sekolah dasar terhadap perubahan kurikulum dalam indikator persiapan kurikulum 2013 memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 90,11% hal ini dapat dikatakan guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan menyambut baik kurikulum 2013. Mengenai konsep dasar kurikulum 2006 guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 75,05% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan telah memahami konsep dasar kurikulum 2006 sedangakan pada indikator konsep dasar kurikulum 2013 guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan juga memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 78,63% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan telah memahami konsep dasar kurikulum 2013 dan untuk indikator dampak dari perubahan kurikulum guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan memberikan pendapat yang positif dengan persentase dampak penerimaan perubahan sebesar 91,99% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan dapat menerima dengan baik adanya perubahan kurikulum. The purpose of this research is to know the primary school teachers’s opinion against the changes of curriculum, especially curicullum in 2006 to curicullum in 2013. This research used survey method and used questionnaire Guttman scale 1-0, which were distributed to 78 respondents as an instrument. The result of processing data in this research indicates that primary school teacher’s opinion against the changes curicullum of the indicator in 2013 curicullum’s preparation has positive opinion with percentage 90,11%. It proves that primary school teacher in Pesanggrahan District of South Jakarta accepted well the curicullum in 2013. For the basic concept of the curriculum in 2006, primary school teachers in Pesanggrahan District has a positive opinion with percentage 75.05%. It means that primary school teachers in Pesanggrahan District have understood the basic concept of the curriculum in 2006, while the basic concept’s indicator of the curriculum in 2013 primary school teachers in Pesanggrahan District also have a positive opinion with percentage 78.63%. It means that primary school teachers in Pesanggrahan District have to understand the basic concept of the curriculum in 2013. And for the impact of the changes curicullum in 2013’s indicator of primary school teachers in Pesanggrahan District give a positive opinion with the changes percentage 91.99% means that primary school teachers in Pesanggrahan District can accept well the changes of curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc,Ed. 2). Mulyadi M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:05
Last Modified: 20 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item View Item