UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA SISWA KELAS V MI

RIFQAH FAUZIYYAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA SISWA KELAS V MI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (RIFQAH FAUZIYYAH).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahapan meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Daarussalaam Jagakarsa dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V MI Daarussalaam yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dalam mata pelajaran IPS dengan tema “Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan serta Keragaman Suku dan Bangsa di Indonesia” berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan lembar kerja kelompok, instrumen pengamatan guru dan instrumen pengamatan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, dokumentasi, beserta catatan lapangan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar siswa mencapai nilai KKM yaitu 60 dan target 85% dari jumlah siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan: 1) Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 63,5 dengan ketuntasan 62,5% atau sebanyak 10 dari 16 siswa. 2) Nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 73,3 dengan ketuntasan 100% atau 16 dari 16 siswa. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Daarussalaam. This study aims to improve learning outcomes of social studies MI fifth grade students through cooperative learning type Jigsaw II. This research is a classroom action research model design Kemmis and Mc. Taggart with four stages include (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, (4) Reflection. This research was conducted in MI Daarussalaam who have not reached the minimum completeness criteria (KKM) in social studies with the theme “Diversity of Natural and Artificial Appearance and Ethnic Diversity and Nation in Indonesia” totaling 16 students. The data collection is done by using a test instrument in the form of multiple choice question and worksheets group, teacher observation instrument and instrument observation of students using cooperative learning type Jigsaw II, documentation, along with field notes. Indicators of success in this study if learning outcomes of students reaching the KKM is 60 and the target of 85% of the number of students reached the KKM. The result showed that with the implementation of cooperative learning type Jigsaw II can improve : 1) The average value of students in the first cycle of 63,5 with 62,5% completeness or as many as 10 out of 16 students. 2) The average value of students in the second cycle increased to 73,3 by the completeness of 100% or 16 out of 16 students. This shows that the implementation of cooperative learning type Jigsaw II can improve learning outcomes social studies class V students Daarussalaam MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. 2). Drs. Ahmad Sadek, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:08
Last Modified: 20 Apr 2022 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item