MENINGKATKAN SIKAP CINTA TANAH AIR DENGAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kramat Jati 09 Pagi Jakarta Timur)

RIFQY MARTADHO, . (2017) MENINGKATKAN SIKAP CINTA TANAH AIR DENGAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kramat Jati 09 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Rifqy Martadho.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Image
IMG20171025152246.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20171025152257.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20171025152835.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20171025152839.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20171025152841.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20171025152845.jpg

Download (3MB) | Preview
[img] Other
IMG20171025152835.jpg

Download (0B)
[img] Other
IMG20171025152839.jpg

Download (0B)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap cinta tanah air siswa dengan metode bermain peran dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kramat Jati 09 Pagi Jakarta Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kramat Jati 09 Pagi sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 jumlah siswa perempuan. Partisipan yang terdapat pada penelitian ini adalah guru kelas IV 03 Pagi Cawang Jakarta Timur sebagai kolabolator. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Mc.taggart. Tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian peningkatan sikap cinta tanah air pada siklus I I dengan persentase 55.55% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 85.18%. Data yang diperoleh dari pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I menunjukkan peningkatan dengan persentase 72.5% meningkat pada siklus II menjadi 87.5%, sedangkan data pemantauan tindakan aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan persentase 70% meningkat pada siklus II menjadi 82.5%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sikap cinta tanah air pada siswa kelas IV SDN Kramat Jati 09 Pagi Jakarta Timur dapat meningkat dengan metode bermain peran dalam pembelajaran PKn. This classroom action research is aimed to improve students' attitudes of patriotic with the role playing method in civic education in fourth grade students at SDN Kramat Jati 09 Pagi, East Jakarta. The subjects of this research are fourth grade students at SDN Kramat Jati 09 Pagi amounting 27 students that consist of 14 males and 13 females. The participant of this research is the teacher of fourth grade at SDN Kramat Jati 09 Pagi, East Jakarta, as a collaborator. The method that used in this classroom action reaserch is spiral model of Kemmis and Mc. Taggart. The steps of this research are planning, implementation, observation, and reflection. This classroom action research is done in two cycles. Based on the data obtained from the classroom action research of the patriotic attitude in Cycle I is 55.55% and increased in Cycle II to 85.18%. Based on the data obtained during the teacher’s action monitoring, in cycle I the percentage is 72.5% and increased in cycle II to 87.5%, while the data during the students’ action monitoring in cycle I showed 70% and increased in cycle II to 82.5%. The research shows that the patriotic attitude in fourth grade students at SDN Kramat Jati 09 Pagi, East Jakarta, could increased with the role playing method in civic education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:29
Last Modified: 20 Apr 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27191

Actions (login required)

View Item View Item