YUKA AGUSTIN CHALISTYA, . (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) YANG BELAJAR DENGAN MODEL METAPHORICAL TEACHING, RECIPROCAL TEACHING, DAN KONVENSIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (75kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (499kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (54kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR TABEl.pdf Download (49kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (46kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (227kB) |
|
Text
LEMBAR PANITIA SKRIPSI.pdf Download (216kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (49kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model metaphorical teaching, reciprocal teaching, dan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 112 Jakarta di kelas X MIA semester genap pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan pokok bahasan Geometri Bidang Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik two-stage random sampling. Tahap pertama adalah purposive sampling, yakni memilih empat kelas yang diajarkan oleh guru yang sama. Tahap kedua adalah cluster random sampling, yakni memilih tiga kelas dari empat kelas yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata secara acak sebagai kelas eksperimen I, II, dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan komunikasi matematis pada pokok bahasan Geometri Bidang Datar sebanyak 3 butir soal uraian. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk, dan empiris sebelum digunakan. Uji reliabilitas juga dilakukan menggunakan rumus alpha cronbach. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kelas eksperimen I (model metaphorical teaching), kelas eksperimen II (model reciprocal teaching), dan kelas kontrol(model pembelajaran konvensional) masing-masing berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa ketiga kelas memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan varians yang sama pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa , yaitu nilai Fhitung = 3.39215 dan Ftabel = 3.08458, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model metaphorical teaching, reciprocal teaching, dan konvensional. Uji lanjutan kesamaan rata-rata menggunakan uji scheffe dilakukan dan hasil uji lanjutan menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model metaphorical teaching lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional. This study aims to determine whether there is any difference in the ability of mathematical communication between students who learn to use metaphorical model of teaching, reciprocal teaching, and conventional. This research was conducted in SMAN 112 Jakarta in class X MIA second semester of the academic year 2015/2016 with the subject Flat Plane Geometry. The method used is quasi experiment (quasi-experiment). Sampling using two-stage random sampling. The first stage is purposive sampling, choosing four classes taught by the same teacher. The second stage is a cluster random sampling, choosing three classes of four classes that were normally distributed, homogeneous, and has an average similarity randomly as the experimental class I, II, and grade control. The research instrument used was the ultimate test of mathematical communication skills on the subject of as much as 3 Flat Plane Geometry items description. The instrument has been through the test content validity, construct, and empirically before use. Reliability testing is also carried out using Cronbach alpha formula. Based on research data calculations, the experimental class I (metaphorical model of teaching), the experimental class II (model reciprocal teaching), and grade control (conventional learning models) each come from normally distributed population. Homogeneity test showed that the three classes have the same variance. Hypothesis testing is done by using the average equality test with the same variance at significance level α = 0.05. The calculations show that Fhitung > Ftabel yaitu nilai Fhitung = 3.39215 and Ftabel = 3.08458, so H0 is rejected. The results of the study states that there are differences in mathematical communication ability between students who learn to use metaphorical model of teaching, reciprocal teaching, and conventional. Further tests use an average similarity Scheffe test carried out and further test results suggest that the ability of students studying mathematical communication using metaphorical model of teaching is higher than students who learned using the reciprocal model of teaching and learning models conventional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Sudaryati, M.Pd 2) Dra. Ratnaningsih, M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 03:55 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 03:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27193 |
Actions (login required)
View Item |