PENGARUH KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI

FLORENCIA NELCI PULU, . (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI (quarto).pdf

Download (30kB)
[img] Text
5. BAB II (quarto).pdf

Download (246kB)
[img] Text
4. BAB I (quarto).pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI (quarto).pdf

Download (242kB)
[img] Text
2. LEMBAR-LEMBAR SETELAH COVER (quarto).pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban mengenai pengaruh karakteristik kepribadian terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri. Pendekatan kuantitatif dan metode kuesioner dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan instrumen yang diadaptasi dan dikembangkan yaitu Kinerja Guru untuk variabel kinerja guru dan menggunakan instrumen yang diadopsi yaitu Big Five Inventory (BFI) untuk variabel karakteristik kepribadian. Sampel terdiri dari 101 guru sekolah dasar negeri yang ada di wilayah DKI Jakarta. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan analisis ganda linier. Hasil data yang ditemukan adalah adanya pengaruh yang signifikan pada karakteristik kepribadian dengan kelima dimensi (openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticsm) terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri. Dan variabel karakteristik kepribadian berkontribusi sebesar 12,4 %. Hasil sumbangan relatif tertinggi adalah karakteristik kepribadian extraversion sebesar 52,7%, dan hasil sumbangan relatif terendah adalah karakteristik kepribadian neuroticsm sebesar 1,5%. The study investigated The Effect of Personality Trait on Primary School Teacher Performance. Quantative approachment and method questionnaire were used at this study. Researchers use the adapted and developed instruments of Teacher Performance for teacher performance variables, and using the adopted instruments of Big Five Inventory (BFI) for personality traits variable. The sample of 101 teachers of bublic primary schools in the area of DKI Jakarta. The results were estimated with Linier Multiple Regression. The results were found to have a significant influence on the personality trait (openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticsm) on the performance tacher of the primary school teacher, and personality trait contributed 12,4%. The higest relative contribution result is trait of extraversion 52%, and the lowest relative contribution result is neuroticsm personality trait of 1,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Anna Armeini R., M.Si 2) Burhanuddin Tola, MA
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:56
Last Modified: 20 Apr 2022 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item